Renungan Ramadhan: Shalat Lebih Baik dari Tidur

Shubuh adalah waktu dimana atmosfir bumi baru saja dibersihkan oleh embun, sehingga udaranya menjadi bersih dan segar. Oksigen yang menyebar di udara untuk kita hirup dan kita konsumsi masih jernih, belum terkontraminasi oleh berbagai macam polusi. Sehingga otak kita berfikir dengan jernih pula, dan badan atau tubuh kita menjadi segar. Waktu itulah saat yang paling tepat untuk memulai aktifitas harian kita. Dimulai dengan membaca Al-Qur’an agar hidup menjadi tentram.

Di bulan Ramadhan ini, ibu ibu rumah tangga sudah memulai aktifitas hariannya dengan bangun dari tidur jam 02.00 pagi untuk mempersiapkan makanan untuk santap sahur. Kemudian membangunkan seluruh anggota keluarganya dan menikmati sahur bersama. Setelah semua selesai, seluruh anggota keluarga menuju masjid untuk melaksanakan sholat shubuh berjamaah. Indahanya bulan suci Ramadhan. Masya Allah

Sesungguhnya apa saja kebaikan yang dijanjikan allah SWT, bagi orang-orang yang bangun meninggalkan tidurnya dan pergi ke masjid untuk memenuhi panggilan Allah SWT dan melaksanakan Sholat shubuh secara berjamaah. Makana dari lafadz ‘’ asholatu khairum minan naum’’ yang dikumandangkan oleh muadzin adalah sholat lebih baik daripada tidur.

BACA JUGA:  Fungsi Media Sosial yang Kerap Diabaikan

Rasulullah SAW bersabda : ‘’Berikanlah kabar gembira kepda orang- orang yang berjalan diwaktu malam dalam kegelapan menuju masjid untuk sholat berjamaah, bahwa nanti dihari kiamat ia akan mendapat cahaya yang sempurna dan terang benderang’’. ( HR. Abu Daud disahihkan oleh Syaikh Al-bani )

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa bersuci di Rumahnya, lalu berjalan menuju salah satu masjid dari masjid-masjid Allah untuk menunaikan Shalat Fardhu, maka setiap langkahnya yang satu menghapus dosa, dan yang lainnya mengangkat derajatnya’’. ( HR. Muslim dari Abu Hurairah ).

BACA JUGA:  Fungsi Media Sosial yang Kerap Diabaikan

Bayangkan, berapa banyaknya langkah kita menuju masjid ini untuk melaksanakan Sholat shubuh ? semakin jauh kaki melangkah masjid, maka semakin banyak dosa dosa kita di ampuni, dan semakin tinggi derajat kita disisi Allah SWT. Demikian pula apabila kita berkendaraan menuju masjid, seperti menggunakan motor atau mobil. Setiap putara roda kendaraan dalam perjalanan dari rumah menuju masjid, tentunya diperhitungkan oleh Allah SWT. Betapa maha pengasih dan maha penyayangnya Allah SWT kepada orang-orang beriman dan mengerjakan Amal Sholeh. Insha Allah, Mudah- mudahan di Ramadhan ini sholat 5 Waktu kita meningkat dan seterusnya. Mudah mudahan juga ini menjadi tabungan kita semua di akhirat nanti. Aamiin yaa Robbal alamin.

BACA JUGA:  Fungsi Media Sosial yang Kerap Diabaikan

Ditulis oleh: Ana Rohana ( Mahasiswa STEI SEBI)

Komentar

Berita lainnya