oleh

Mereguk Ilmu di Bulan Mulia

-Oase, Ramadhan-1.113 views

Ilmu bagaikan cahaya yang selalu menyinari kehidupan manusia. Dengan ilmu, manusia diberikan kemuliaan oleh Allah. Dengan ilmu pula, manusia bisa menguasai pengetahuan dan teknologi. Ketika seseorang berilmu, yang terpikirkan adalah cerdas, pintar, kaya, hebat keren, tinggi, bersih, maju dan segudang kemuliaan lainnya.

Namun, semua itu karena ilmu yang didapatnya berlandaskan kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Rasulullah SAW pun mengajak umatnya untuk selalu menuntut ilmu. Rasulullah SAW bersabda, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah).

Oleh karena itu, menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, terutama ilmu-ilmu agama (Islam) yang akan membawa manusia pada kebaikan dunia akhirat, insya Allah.

Nah, mumpung sekarang ini kaum Muslimin sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, setiap amalan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah, maka perbanyaklah untuk menuntut ilmu. Dalam bulan ini juga menandai awal diwahyukannya Al-Qur’an yang mulia dalam surah Al-Alaq memerintahkan agar manusia mau membaca dan menulis

Marilah kita berlomba mereguk ilmu di bulan mulia ini. Sungguh amat menyenangkan pastinya, karena ketika kita mendapat ilmu dan ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk orang banyak, sehingga dapat menjadi amal jariyah, yang pahalanya terus mengalir membawa keberkahan dunia dan akhirat. Aamiin. []

Ditulis oleh: Ayyuhanna Widowati, S. E. I., Guru, Tinggal di Depok.
Komunitas Muslimah Menulis

Komentar

Berita lainnya