7 Negara dengan Waktu Puasa Tercepat di Dunia

Bulan ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh umat manusia di seluruh penjuru dunia dan tidak hanya di indonesia. Banyak negara lain selain indonesia yang juga merayakan bulan ramadhan dengan menjalankan ibadah puasa .

Tidak hanya negara-negara yang mayoritas Islam saja yang menjalankan ibadah puasa. Namun negara-negara yang mayoritas tidak beragama islam, para muslim dan muslimahnya juga menjalankan ibadah puasa.

Hal ini terjadi karena ibadah puasa dibulan ramadhan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim dan diperintahkan allah oleh swt secara langsung salah satu nya melewati kitab nya Al-qur,an. Maka dari itu, meskipun umat Islam di negara yang tidak semua nya beragama islam tetap menjalankan ibadah puasa.

Waktu menjalankan ibadah puasa setiap negara di dunia pasti berbeda-beda karena faktor geografisnya. Ada yang waktu puasa nya cukup panjang atau lama dan ada yang waktu puasa nya cukup pendek.

Perputaran bumi mengelilingi matahari tidaklah lurus melainkan miring. Hal ini menyebabkan pada periode waktu tertentu negara-negara dibelahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari negara-negara yang di selatan.

Berikut ini nama-nama negara dengan waktu puasa ramadhan tercepat

Antartika

Antartika adalah negara yang memiliki waktu puasa tercepat di dunia, yaitu kurang lebih 9 jam 18 menit saja. Waktu imsak di antartika adalah pukul 06.30 pagi, sedangkan waktu berbuka puasa adalah pukul 15:48 sore. Meskipun tergolong pendek durasi waktu puasa nya namun dengan suhu yang sangat dingin biasanya akan membuat bibir cepat kering.

Chili

Chili terletak di benua Amerika Selatan atau amerika latin secara demografis chili merupakan negara yang dihuni sebagian besar umat katholik. Di kota ini seperti lazimnya di daerah Antartika matahari memang tidak bersinar lama paling lama sinar matahari hanya dapat dinikmati selama 9-10 jam saja setiap harinya. kini lantaran dikawasan benua antartika atau kutub selatan bumi menjadi kawasan yang paling luas tertutup bayangan bumi. Dan chili menjadi negara kedua dengan waktu puasa tercepat.

Umat Islam di negara Chili hanya menjalankan ibadah puasa kurang lebih 9 jam 12 menit saja.

Puasa mereka berjalan mulai pukul 05:31 sampai dengan pukul 15:00. Meskipun hanya sebentar, umat Islam di Chili harus berpuasa di cuaca yang dingin dan juga udara yang cukup kering.

Argentina

Hampir sama dengan negara Chili, Argentina terletak di Amerika Latin dan di argentina puasa juga berjalan hanya 9 jam 37 menit saja. Umat Aslam di argentina tidak terlalu banyak, namun warga non muslim Argentina sangat menghormati ibadah berpuasa umat Islam.

Afrika Selatan

Negara selanjutnya adalah Afrika Selatan dengan waktu puasa kurang lebih 10 jam 30 menit saja. Meskipun cukup sebentar , umat Islam di Afrika Selatan harus ekstra menahan cobaan saat berpuasa, karena cuaca yang sangat panas.

Australia Barat

Benua australia tidak terlalu jauh dengan indonesia, jadi waktu puasa nya juga tidak terlalu berbeda dengan Indonesia. Di Australia barat durasi waktu puasa nya sekitar 11 jam 59 menit saja.

Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro memiliki waktu puasa sekitar 12 jam 30 menit. Kepulauan yang terletak di selat Mozambik sebelah barat laut madagaskar dan sebelah timur benua afrika. Kepulauan ini masih merupakan wilayah dari negara Jazirah Arab. Negara ini termasuk dalam negara yang jumlah umat muslim terbanyak. Situasi saat ramadhan disini juga hampir mirip dengan Indonesia.

Indonesia

Rata-rata daerah di Indonesia memiliki durasi waktu puasa yang hampir sama di setiap tempat. Yaitu 13 jam 3 menit Yang membedakannya hanya jam imsak dan jam untuk berbuka puasa karena terbitnya matahari berbeda di setiap tempat, karena nya kita memiliki tiga waktu Indonesia bagian barat, tengah dan timur. Indonesia termasuk kedalam kategori sepuluh negara dengan waktu puasa tercepat tetapi dalam prakteknya banyak masyarakat Indonesia yang mengeluh dengan durasi waktu puasa tersebut. (Iklilah muzayyanah)

Komentar

Berita lainnya