Rangkaian Lomba GES 13 Sukses Digelar

Banyak lomba yang menjadi rangkaian acara Gebyar Ekonomi Syariah ke 13. Salah satunya adalah Millenial Entrepreneur Competition (MEC). Lomba ini baru pertama kali diadakan oleh Gebyar Ekonomi Syariah sebagai rangkaian acaranya. Meskipun begitu, antusias peserta lumayan tinggi untuk mengikuti lomba ini. MEC diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA sederajat untuk mengasah ide dan kreativitas mereka dalam membuat rancangan bisnis. Diikuti oleh dua kelompok dari SMA Insan Cendekia Madani Tangerang dan Global Islamic Boarding School Banjarmasin. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2019 di SEBI Hall STEI SEBI Depok.

BACA JUGA:  10 Tips Agar Tak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Lomba dimulai dengan presentasi kelompok pertama dari SMA Insan Cendekia Madani dengan produk bernama Potter Food. Rencana bisnis mereka yaitu menjual produk sehat dengan menggunakan aplikasi platform. Mereka mengklaim bahwa produk mereka akan laris di pasaran karena banyak peminat makanan sehat untuk diet, juga karena menggunakan aplikasi platform yang mudah diakses. Selanjutnya sesi tanya jawab oleh juri, yaitu Ka Heri dan Ka Farhan. Mereka bertanya “Untuk di awal, apakah kalian fokus pada penjualan atau pengembangan aplikasi? Apa perbedaan fixed cost dan variable cost?”. Lalu dijawab oleh peserta dalam waktu 15 menit.

Dilanjutkan oleh kelompok dua dari Global Islamic Boarding School dengan produknya yaitu POS’T’F KOPI. Rencana bisnis mereka yaitu membuka gerai kopi take a way karena masih kurangnya bisnis serupa di banjarmasin. Mereka juga mengklaim produk mereka akan laris karena belum banyak pesaing. Selanjutnya juri memberi pertanyaan dan peserta mempunyai 15 menit waktu untuk menjawab.

BACA JUGA:  Unindra Berikan Beasiswa Program Doktor S3 ke 90 Dosen

Setelah lomba MEC selesai, dilanjutkan dengan Olimpiade Ekonomi Syariah Nasional yang diikuti oleh 5 tim dari 3 sekolah. Sesi pertama mereka mendapat masing-masing pertanyaan sebelum memasuki sesi selanjutnya dengan pertanyaan rebutan. Tim yang memasuki babak final yaitu 2 tim dari SMK YAPIA Parung dan 1 tim dari SMKN 20 Jakarta. Lomba berjalan sportif dan diakhiri dengan sesi foto bersama antara peserta dan juri. Untuk pemenang akan diumumkan pada puncak Gebyar Ekonomi Syariah 13 pada hari Minggu, 28 April 2019.

Komentar

Berita lainnya