oleh

Mudik Gratis Bisa Daftar Online

DEPOK – Program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini akan dipusatkan di Stadion Pakan Sari Kota Bogor. Untuk warga Kota Depok yang ingin turut serta, dapat mendaftarkan diri sejak jauh-jauh hari melalui website mudikgratis.dephub.go.id.

Dilansir situs resmi Pemkot Depok, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, kebijakan tersebut berdasarkan dari Kemenhub yang menyatakan tahun ini tidak ada pemberangkatan dari Kota Depok. Sebab, pemudik dari Kota Depok akan digabung dengan kota dan Kabupaten Bogor.

“Pendaftaran pun semua online melalui website. Untuk kuota tentunya juga kebijakan dari pusat, berdasarkan informasi beberapa tujuan mudik sudah penuh kuotanya. Jadi warga yang mau ikut segeralah mendaftar,” ujarnya, Jumat (05/04/2019)

BACA JUGA:  Ini Mekanisme Permohonan Sedot Tinja di Depok

Dadang menjelaskan, mudik gratis dibagi menjadi 2 yaitu mudik dengan motor dan tanpa motor. Adapun tujuan untuk arus mudik dan balik dengan motor adalah Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Kebumen, Purwokerto dan arus baliknya adalah Semarang, Solo, Wonogiri, Purwokerto.

“Kalau yang tanpa motor untuk Jawa Barat adalah Cirebon, Banjarpatroman (via Tasikmalaya dan Ciamis) dan Kuningan. Untuk Jawa Tengah yaitu Slawi via Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Sragen, Yogyakarta, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara dan Cilacap,” jelasnya.

BACA JUGA:  FH UI Paparkan Pentingnya Hak Anak ke Warga Cimanggis

Untuk Jawa Timur adalah Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan, Sementara untuk Sumatera melalui Lampung, Palembang, Padang, Sedangkan arus balik dari Semarang, Solo, Wonogiri dan juga Yogyakarta.

“Sepeda motor akan diberangkatkan pada tanggal 31 Mei dan untuk penumpangnya tanggal 1 Juni. Semua informasi lengkap tertera di website Kemenhub,” ucapnya.

Komentar

Berita lainnya