IKA FBS UNJ Gelar Raker 2019; Optimalkan Sinergi Alumni

JAKARTA – Sebagai upaya konsolidasi sekaligus silaturahmi dalam suasana informal, Ikatan Alumni Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (IKA FBS UNJ) menggelar Rapat Kerja Pengurus tahun 2019 bertajuk “Bersatu dalam Sinergi” di Warung Enjoi Rawamangun, Sabtu 6 April 2019.

Dipimpin langsung oleh Khatibul Umam Wiranu (Ketua IKA FBS UNJ) dan 12 pengurus IKA FBS UNJ dan IKA Prodi di lingkungan FBS UNJ, rapat kerja menyepakati inisiasi bersama sebagai komitmen dan kontribusi IKA FBS sepanjang tahun 2019 dalam memfasilitasi keberadaan alumni FBS UNJ, di samping mengoptimalkan kiprah IKA FBS UNJ kepada almamater UNJ.

Menyadari pentingnya kesadaran bertindak dan berkontribusi kepada almamater FBS UNJ, Raker Ikatan Alumni FBS UNJ tahun 2019 menghasilkan program-program sebagai beerikut:

  • Menghidupkan Yayasan IKA FBS yang sudah ada sebagai lembaga sentral dan payung hukum untuk mengoptimalkan kegiatan dan kontribusi alumni FBS UNJ kepada masyarakat, baik melalui kajian dan riset bahasa dan seni, pengabdian masyarakat dan alumni. Untuk itu, pembukaan rekening a.n. Yayasan IKA FBS UNJ akan segera dilakukan dalam waktu dekat.
  • Mengoptimalkan pendataan alumni FBS UNJ dari 12 program studi yang ada. Hal ini dilakukan untuk memperkuat “tracer study” di kalangan alumni FBS UNJ yang tersebar di berbagai pelosok dan profesi yang ditekuninya.
  • Developing website khusus “IKA-FBS-UNJ.ac.id” sebagai pusat informasi dan data alumni FBS UNJ. Nantinya, alumni FBS UNJ dimanapun berada dapat meng-akses pengkinian data alumni sekaligus menjaring informasi dan keberadaan alumni FBS UNJ.
  • IKA Prodi di lingkungan FBS UNJ diimbau untuk membuat kegiatan minimal 1 kali dalam setahun sebagai bagian dukungan terhadap program akreditasi masing-masing prodi di FBS UNJ. Karena mau tidak mau, keberadaan alumni sangat penting dalam penilaian akreditasi, di samping IKA Prodi “berjuang keras” untuk merealisasikan program minimal setahun sekali, baik dalam bentuk seminar, diskusi ilmiah ataupun kegiatan alumni & almamater.
  • Event kolektif IKA FBS UNJ yang melibatkan seluruh alumni FBS/FPBS UNJ akan dilakukan saat kegiatan “Artefac FBS UNJ” pada Oktober 2019 di Kampus UNJ Rawamangun.
BACA JUGA:  10 Tips Agar Tak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Melalui kegiatan Raker tahun 2019 ini, IKA FBS UNJ ingin menyampaikan pesan akan pentingnya menjalin silaturahim dan kebersamaan sesama alumni FBS UNJ. Karena mengelola organisasi sukarela seperti IKA FBS UNJ memang tidak mudah. Karena itu, ikhtiar membangun kebersamaan para alumni FBS UNJ tidak boleh pudar. Bagaimanapun dan seperti apapun alumni di masa kini, FBS UNJ adalah almamater tempat berkuliah yang patut dijunjung tinggi.

BACA JUGA:  Sandiaga Uno Berbagi Rahasia Sukses Berbisnis di Kampus UI

Oleh karena itu, kepedulian para alumni FBS UNJ pun diketuk. Agar setidaknya dapat meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan IKA FBS UNJ. Sebagai komitmen dan dukungan moral terhadap organisasi ikatan alumni, di manapaun dan jenjang apapun.

Harus diakui, IKA FBS UNJ pun masih terus mencari formasi yang pas untuk melibatkan alumni FBS lainnya, sambil tetap ikhtiar berbuat yang lebih baik dari sebelumnya. Namun satu hal yang gak boleh hilang di antara kita, sesama alumni FBS UNJ/FPBS IKIP Jakarta adalah spirit untuk “tetap menjaga sinergi bersama”. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

BACA JUGA:  Program LUAS IndoRunners Tukar 2 Juta Kilometer Lari dengan 100 Beasiswa Sarjana UI

Maka di samping kebersamaan, IKA FBS UNJ menyadari komunikasi intensif harus terus dibangun sesame alumni FBS UNJ. Karena tanpa komunikasi yang optimal, sebuah organisasi hanya akan menjadi rumah besar yang kumuh dan tak berisi.

Komentar

Berita lainnya