oleh

Binus University Perkuat Kemampuan Mahasiswa Menulis Platform Digital

-Dunia Kampus-1.080 views

Platform digital telah membahana. Tak bisa dihindari, semua harus terlibat di dalamnya. Atas dasar itu, Binus University mengundang Dosen Tamu untuk memperkuat skills mahasiswa dalam menulis di media digital.

Sebagai antisipasi terhadap perkembangan media digital, Bina Nusantara University (Binus) mengundang “dosen tamu” untuk mengajarkan mahasiswa Prodi Marketing Communications agar mampu menulis konten media digital. Menghadirkan dosen tamu Syarifudin Yunus, praktisi media digital dan akademisi Unindra dengan topik “Publish Your Dream; Cara Mudah Menulis Media Digital”. Kuliah tamu ini dihadiri 26 mahasiswa dengan dosen pengampu Ibu Arleen dan Pak Muslikhin bertempat di Kampus Binus Anggrek, Kamis 4 April 2019.

Melalui kegiatan belajar ini, mahasiswa mendapat wawasan dalam mengelola konten media digital, cara mudah menulis konten digital, dan strategi menulis yang mudah dan efektif. Di samping praktik cara menemukan topik tulisan yang bisa dikembangkan sebagai tulisan. Baik untuk media digital, media cetak, atau buku sekalipun.

BACA JUGA:  Virzha dan Aden Anb Akan Duet di Panggung PGSD BERKARYA 5

“Kuliah tamu tentang konten media digital ini penting. Karena di era digital seperti sekarang, konren atau isi yang disajikan harus ter-update dan menarik. Maka sebagai calon MarkComm mahasiswa Binus harus menguasai cara menulis yang mudah dan menarik” ujar Syarifudin Yunus di tengah perkuliahan.

Zaman now memang era-nya digital. Menurut survey Nielsen Consumer Media View 2017 di 11 kota di Indonesia, penetrasi media digital terus berkembang hingga mencapai 44%. Itu berarti, masyarakat Indonesia semakin gemar mengakses berbagai konten melalui media digital. Maka di situlah, cara membuat dan mengisi konten semua digital sangat diperlukan. Bukan hanya sebagai kompetensi namun bisa menjadi gaya hidup. Agar masyarakat kita tertarik mengakses informasi dan perilaku lainnya melalui internet atau digital.

BACA JUGA:  Virzha dan Aden Anb Akan Duet di Panggung PGSD BERKARYA 5

Oleh karena itu, Syarifudin Yunus mengajak mahasiswa Binus University untuk menjadikan menulis sebagai 1) perilaku keseharian, 2) gaya hidup, dan 3) kebiasaan. Agar setiap ide dan gagasan bisa dituangka n ke dalam media digital. Maka untuk bisa menulis dengan mudah dan menarik, mahasiswa bisa menerapkan beberapa teknislk, seperti ATM (Amati-Tiru-Modifikasi), teknik 3 Kata sehingga dikembangkan sebagai satu tulisan, atau strategi “menulis seperti ngobrol”.

BACA JUGA:  Delegasi Pemuda dari 13 Negara Ramaikan WVLC 2019 di Banten

Kuliah dengan mendatangkan dosen tamu di Binus University adalah keharusan. Setidaknya setiap semester harus ada 3 kali dosen tamu untuk sharing dan memberi penceraham sesuai disiplin ilmu yang dipilihnya. Maka menjadi penting ke depan, untuk terus mengoptimalkan kemampuan mahasiswa dalam menulis secara mudah dan menarik.

Karena puncak tertinggi dari belajar dan luliah adalah berkarya, berkontribusi secara nyata terhadap disiplin ilmu yang dipilihnya. Sungguh dengan menulis, yang tertulis akan abadi dan yang terucap akan lenyap.

Komentar

Berita lainnya