oleh

Bergerak! Masyarakat Membutuhkanmu!

-Komunitas-853 views

BOGOR – Sebagai rangkaian dari kegiatan Duta Gemari Baca Batch 5, pada Jumat (05/04) sore 26 Duta Gemari baca Batch 5 terpilih mengikuti workshop ‘Social Development Design’ bersama Eko Sriyanto, Manajer Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa Pendidikan. Eko mengajak para peserta mengevaluasi komunitas dan Taman Baca Masyarakat (TBM) yang dikelola oleh para Duta di daerahnya, menurutnya penting bagi Duta untuk memahami apa saja masalah yang terjadi di dalam komuntas dan TBM.

BACA JUGA:  KCD Kembali Rayakan HUT RI di Sungai Ciliwung

“Teman-teman harus memahami terlebih dahulu apa saja masalah yang terjadi di komunitas atau TBM yang teman-teman kelola. Kalau sudah tahu, maka perlu rencana yang ingin dilakukan melalui customer thinking, fleksibiltas, dan validitas ide,” kata Eko.

Validitas ide menurut Eko berpengaruh terhadap perkembangan komunitas dan TBM para Duta, ide tersebut nantinya akan berdampak pada nilai aktivitas di masyarakat. Nilai-nilai tersebut bisa diinternalisasi untuk membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat.

BACA JUGA:  KCD Kembali Rayakan HUT RI di Sungai Ciliwung

“Lalu bagaimana agar masyarakat bisa berpartisipasi? Kita harus tahu apa kebutuhan masyarakat, tugas kitalah memberi pengetahuan kepada mereka,” ujarnya.

Ada beragam cara untuk membangun partisipasi dan kesadaran masyarakat karena pegiat kerelawanan butuh pergerakan komunitas.

“Diakui atau tidak diakui oleh masyarakat, kita harus tetap bergerak. Pertahankan konsistensi agar kepercayaan masyarakat muncul karena ide sederhana yang kita buat,” tambah Eko.

BACA JUGA:  KCD Kembali Rayakan HUT RI di Sungai Ciliwung

Eko berharap para Duta kelak mampu menggali ide serta memaksimalkan potensi komunitas dan TBM di daerah masing-masing.

“Sekarang waktunya kalian bergerak menciptakan desain inovasi kegiatan di komunitas dan TBM yang kalian kelola, buktikan bahwa kalian bisa berkontribusi di masyarakat,” tutup Eko. (AR)

Komentar

Berita lainnya