oleh

Walikota Depok Serahkan Penghargaan untuk Sekolah Terbaik di Awards IDN 2019

DEPOK – InfraDigital Nusantara pada Jumat (22/3/2019) menggelar “Seminar dan Awards IDN 2019” di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Dalam sambutannya, CEO PT InfraDigital Nusantara, Ian McKenna, mengatakan bahwa perjalanan Infradigital dan lembaga pendidikan di Jaringan IDN dimulai dari 12 bulan lalu.

“Ini cita-cita kita membangun sebuah sistem keuangan berbasis digital khusus untuk pendidikan. Sistem keuangan yang cocok untuk semua lembaga, mulai dari yang kecil dan menengah sampai universitas yang besar. Sistem keuangan yang cocok untuk semua orang tua, baik yang punya rekening bank maupun tidak. Sistem yang benar-benar bisa bantu merapikan pencatatan dan melancarkan pendapatan sekolah.” ungkap Ian.

Aplikasi InfraDigital merupakan Fintech B2B yang digunakan oleh Tata Usaha dan Badan Administratif lembaga pendidikan untuk mengelola dan memudahkan pembayaran tagihan pendidikan siswa, seperti SPP dan tagihan regular lainnya.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Berikan Layanan Ambulans Gratis untuk Warga Depok

Dengan menggunakan “tagihan digital” dan “pembayaran online” melalui Jaringan pembayaran pendidikan diciptakan oleh InfraDigital yaitu “Jaringan IDN”. Saat ini, di dalam Jaringan IDN ada 96 lembaga pendidikan, 3 Bank BUMN, 2 Bank Swasta, 2 Bank Syariah, 3 dompet digital dan 15,000 ribu gerai Indomaret. Dari 96 lembaga pendidikan ini mayoritas berada di Jabodetabek dan Jawa Timur.

Awards IDN 2019 merupakan bentuk penghargaan IDN terhadap 70 sekolah Jaringan IDN selama tahun 2019. Pemenang Sekolah Terbaik Bidang Digitalisasi Keuangan dan Tata Usaha dipilih berdasarkan 3 kriteria, yaitu TU dengan performansi terbaik, seperti tertib administrasi transaksi, pencatatan, serta performansi transaksi online.

BACA JUGA:  LPM Tirtajaya Depok Soroti Minimnya Infrastruktur bagi Pemenuhan Hak Anak

Adapun ketiga sekolah terbaik yang terpilih sebagai pemenang IDN Awards 2019 yaitu; SMK Madya Depok, MTA Nurani Jagakarsa dan SMK Dewantara Cikarang.

Turut hadir Walikota Depok, Muhammad Idris, usai penyerahan plakat dan hadiah menyatakan bahwa IDN merupakan startup pertama, yang memulai digitalisasi pembayaran pendidikan di sekolah-sekolah di Kota Depok. Idris berharap kota Depok menjadi cikal bakal digitalisasi keuangan.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Berikan Layanan Ambulans Gratis untuk Warga Depok

“Seiring dengan perkembangan jaman, ditambah pesatnya teknologi komunikasi dan informasi, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi kami, selamat untuk sekolah yang mendapat apresiasi. Saya berharap digitalisasi ini bisa menyeimbangkan penduduk Depok,” ujar Idris.

Hal senada dikatakan Roy HM Sembel, Finance IPMI International Business School, bahwa revolusi industri industri 4.0 telah merambah ke seluruh bidang, termasuk pendidikan. “Inklusi keuangan sudah mesti diaplikasikan mulai dari rumah tangga. Sekolah sebagai salah satu pilar inklusi keuangan yang mestinya sudah melakukan digitalisasi keuangan dan InfraDigital Nusantara telah membantu terwujudnya hal ini,” tutupnya. (BKarmila)

Komentar

Berita lainnya