Telalu Sering Ber-medsos? Ini Dampak Negatifnya

Dizaman serba modern seperti sekarang ini sosial media sudah mendaji kebutuhan pokok bagi masyarakat dunia. Dan jika dilihat memang sosial media memiliki sisi positif dan negatif dan Jika tidak dapat membayangkan hidup Anda tanpa media sosial, itu tanda bahwa Anda telah terkena efek negatif jaringan sosial.

Banyak yang terkena efek negatif dari sosial media namun tak sedikit pula yang menggunakan sosial media dengan cara yang positif. Berikut adalah sisi negatif dari sosial media yang harus dihindari pada kehidupan sehari-hari.

Cemas berlebihan

Apakah anda termasuk yang menghabiskan lebih dari empat jam per hari pada media sosial? Menghabiskan terlalu lama di situs jaringan sosial bisa merugikan mempengaruhi suasana hati. Bahkan bila terlalu lama dan terbiasa disosial media akan timbul rasa kecanduan yang membuat kita merasa cemas dan khawatir apabila tidak membuka sosia media dalam waktu singkat. Idealnya kita hanya diperbolehkan membuka sosial media satu sampai dua jam perhari untuk mengurangi rasa ketergantungan dan cemas berlebihan terhadap akun sosial media

Cyber bullying

Menurut kamus Merriam-Webster, cyberbullying berarti bentuk “ancaman” atau “serangan” yang dilakukan seseorang terhadap orang lain yang disampaikan melalui sosial media. Wabah bullying yang semula hanya terjadi dari pertemuan fisik ini telah menemukan “lapangan” baru yang membuat pelaku bullying lebih leluasa melakukan tindakan bullying tanpa pertemuan langsung di dunia nyata yaitu di dunia sosial media. Dari tahun ke tahun, cyberbullying berkembang menjadi tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengintimidasi, menyakitkan hati, mengancam, atau mempermalukan sesama pengguna sosial media.

Pola tidur yang tidak teratur

Banyak orang yang tidak bisa lepas handphone dari genggaman tangannya termasuk saat beristirahat. Jika Anda merasa seperti pola tidur telah menjadi tidak teratur dan bahwa ini adalah yang mempengaruhi produktivitas, cobalah dan menghindari menghabiskan sejumlah besar waktu pada media sosial.

Itulah beberapa efek negatif dari terlalu banyak bersosial media. Sosial media hanya alat segala keputusan terdapat ditangan anda dan bagaimana cara bijak untuk menggunakannya agar bisa bermanfaat pada kehidupan. (Asrofil Anam)

Komentar

Berita lainnya