Pradi Ajak Semua Pihak Edukasi Masyarakat Bahaya Hoaks

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, mengajak semua pihak untuk secara masif memberikan edukasi terhadap bahaya hoaks kepada masyarakat. Menurutnya, dengan rutin mendapatkan edukasi diharapkan masyarakat bisa memilah dan memilih informasi yang beredar, serta tidak mudah menyebarkannya tanpa proses verifikasi terlebih dahulu.

“Selain tiga pilar, kami juga mengimbau lembaga pendidikan serta orang tua untuk bisa memberikan edukasi. Dengan edukasi, diyakini mampu memfilter seseorang dalam menentukan mana berita yang benar, mana yang hoaks,” ujar Pradi Supriatna, usai kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resort Kota (Polresta) Depok, di Hotel Bumi Wiyata Depok, Selasa (19/03/2019).

Lanjut Pradi, keluarga juga harus berperan dalam memberi pemahaman kepada anggota keluarga lainnya terkait bahaya hoaks. Dengan pemahaman yang cukup, diharapkan ke depan tidak ada perselisihan di masyarakat karena faktor hoaks tersebut.

BACA JUGA:  Peringatan Hari Anak Nasional, Depok Adakan 'Gelar Ekspresi Anak Spesial'

“Keharmonisan keluarga menjadi hal yang penting, karena keluarga mampu menjadi kontrol sosial sekaligus pelindung untuk anggota keluarga lainnya,” ucapnya.

Terakhir, Pradi mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memerangi kabar bohong. Caranya dengan melakukan beberapa langkah, seperti mengonfirmasi ulang pesan yang masuk, mencari bukti yang mendukung serta tidak menyebarkan lagi informasi yang diterima.

BACA JUGA:  Perbaikan Jembatan Mampang, Buka Tutup Jalan Diberlakukan

“Hoaks dan radikalisme menjadi momok yang menakutkan dan bisa berdampak pada kerukunan antarumat. Untuk itu perlu dilakukan beberapa cara untuk memfilter diri sendiri,” pungkasnya. (Diskominfo)

Komentar

Berita lainnya