Benarkah Mendengarkan Musik Membuat Relax Perasaan?

Ditengah padatnya rutinitas, banyak cara orang untuk mencari cara untuk menghibur diri, baik demgan cara memakan cemilan, streaming video, dan mendengarkan musik. Tentunya kembali ke pribadi masing-masing dalam mencari hiburan tersebur saat berada dalam keadaaan sibuk maupun luang.

Musik merupakan salah satu hiburan yang didominasi oleh alunan nada dan menjadi suara, musik bagi sebagian orang banyak disukai untuk sekedar menghibur diri atau iseng-iseng untuk menambah mood perasaan dari padatnya pekerjaan.

Dalam pekerjaan, terkadang kita merasa suntuk dan lelah untuk melanjutkannya. Menurut ahli, musik bisa membuat mood dan menambah relax, dalam penelitiannya di kanada, yang diterbitkan oleh jurnal nature neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorite anda dapat membantu mencairkan suasana hati yg buruk.

Selain itu ada beberapa dampak positif yang bisa ditimbulkan dari mendengarkan musik, antara lain.

1. Membuat relax perasaan.

Mendengarkan musik yang kita suka terkadang bisa membuat cair suasana dalam keadaan sulit. Faktanya lamtunan nada yang dihasilkan musik bisa memberi ketenangan yang terpancar ke otak dan membuat perasaan jadi lebih tenang dan relax.

2. Membantu mengingat memori.

Dampak dari mendengar musik yang kita putar terkadang membuar kita mengingat-ingat masa lalu baik dari masalah asmara dan suatu pristiwa yang pernah kita alami terkadang bisa teringat kembali akibat mendengarkan musik.

3. Membuat tidur lebih nyenyak.

Lantunan nada santai yang dibuat musik terkadang membuat ketentraman tersendiri baik dari perasaan atau suasan hati, yang membuat lelah kita menjadi lebih terasa tenang dan menjadikan tidur lebih nyenyak dibanding dengan mendengar suara kipas yang berputar atau suara cicak dari atas dinding.

4. Menambahkan kecerdasan dan meningkatkan IQ.

Lantunan nada faktanya sudah ada sejak masa islam kuno,untuk dijadikan pengobatan oleh para filusuf melalui nada tertentu, karena dampak yang begitu kuat dari suara nada yang naik turun musik secara langsung membuat kita berfikir dan membuat ritme lantunan yang terjadi. hal ini yang membuat kita menjadi selalu berfikir dan membuat kerja otak lebih cepat, sehingga IQ menambah cerdas dan lebih kreatif dalam berfikir.

5. Menambah semangat saat rutinitas.

Musik membuat kita lebih semangat dalam bekerja, terutama musik dengan nada cepat yang membuat jiwa kita menjadi lebih bersemangat dalam beraktifitas.

Itulah manfaat dari mendengarkan musik dalam kegiatan sehari-hari, banyak manfaat yang dihasilkan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk menemani rutinitas kita agar lebih produktif. (Arif ahman Hakim)

Komentar

Berita lainnya