oleh

5,3 Juta Lembar Surat Suara Tiba di Depok

DEPOK – Sebanyak 5.348.102 lembar surat suara telah tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok yang berada di Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis pada Sabtu (09/03/2019). Kedatangan logistik ini sebagai bagian dari persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna menjelaskan, surat suara yang sudah diterima oleh pihaknya terdiri dari empat jenis. Yaitu surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi dengan jumlah masing-masing sebanyak 1.335.525 lembar.

“Sementara surat suara lainnya yang sudah kita terima yaitu surat suara pemilihan DPRD Kota sebanyak 1.341.527 lembar,” tutur Nana kepada depok.go.id, Senin (11/03/2019.

BACA JUGA:  SMP Avicenna Cinere Raih Peringkat 3 Tingkat Nasional OPSI 2019

Nana menuturkan, pengiriman logistik surat suara ke Kota Depok dilakukan secara bertahap. Untuk surat suara Pilpres pada 26 Februari, surat suara pemilihan anggota DPR RI dan DPD Provinsi pada 08 Maret, dan surat suara DPRD Kota pada 09 Maret.

“Alhamdulillah, keempat jenis surat suara ini sudah tiba terakhir pada Sabtu (09/03/2019) pukul 16.46 WIB dengan pengawalan dari pihak Polresta Depok dan staf Sekretariat KPU Kota Depok dari percetakan PT Gramedia unit Palmerah Jakarta. Masih tersisa satu jenis surat suara lagi yaitu surat suara DPD RI yang akan tiba pada (22/03/2019) mendatang,” ujarnya.

BACA JUGA:  FH UI Paparkan Pentingnya Hak Anak ke Warga Cimanggis

Dia menambahkan, sejumlah surat suara yang telah masuk ke gudang KPU, selanjutkan akan dilakukan penyortiran dan pelipatan. Kegiatan penyortiran dan pelipatan ini dilaksanakan pasa Senin (11/03/2019).

“Logistik Pemilu merupakan salah satu instrumen Pemilu yang tidak boleh dianggap remeh. Untuk itu, logistik Pemilu harus dikelola dengan baik sehingga penyelenggaraan pesta demokrasi tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” tandasnya.

Komentar

Berita lainnya