oleh

4 Teroris Selandia Baru Penyerang Masjid Berhasil Ditangkap

-Dunia-2.074 views

SELANDIA BARU – Tiga laki-laki dan seorang perempuan ditahan setelah serangan penembakan di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru. Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan polisi tidak menutup kemungkinan ada orang lain yang terlibat dalam aksi biadab tersebut.

Keempat terduga pelaku itu ditahan oleh polisi lokal setempat. Komisaris Bush memuji keberanian para petugas. “Ada beberapa tindakan berani yang absolut, saya sangat bangga dengan staf polisi kami atas cara mereka menanggapi hal ini,” kata Bush seperti dilansir dari media lokal www.tvnz.co.nz.

Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush. (Foto: Facebook New Zealand Police)

Bush mengatakan para penyerang juga menggunakan alat peledak terimprovisasi (improvised explosive devices/IED). Bush mengatakan IED terpasang pada sejumlah kendaraan yang dihentikan oleh polisi.

“Mereka telah diamankan oleh Angkatan Bersenjata Pertahanan tetapi tetap tidak mengurangi keseriusan situasi ini,” kata Komisaris Bush.

Sementara Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengonfirmasi satu orang yang ditahan polisi Selandia Baru adalah warga negaranya. Satu orang tersebut terkait dengan penembakan mengerikan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3).

“Jelas otoritas Australia terlibat dalam penyelidikan. Mereka akan menyelidiki dan semua badan yang relevan akan terlibat,” katanya dilansir di BBC.

Morrison menyebut pelaku penyerangan sebagai seorang teroris ekstremis sayap kanan yang keji. Penyerangan ini mengingatkannya bahwa kejahatan benar-benar ada dan siap menyerang kapan saja.

Komentar

Berita lainnya