Merubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan

Kegagalan merupakan hal yang paling sering dirasakan oleh banyak orang dalam mencoba suatu tantangan. Baik itu gagal dalam hal pekerjaan, lomba, bahkan cita-cita. Terkadang kegagalan yang menyebabkan seseorang mudah berputus asa dan mengalah . Namun hal ini haruslah menjadi pelajaran untuk kita tetap bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi..

Berikut ini adalah beberapa cara merubah kegagalan menjadi sebuah keberhasilan :

Hilangkan rasa tidak percaya diri

Kurangnya percaya diri biasanya membuat seseorang sulit mengeluarkan pendapat dan tidak yakin pada keputusan yang ia lakukan. Ketika kita tidak yakin pada apa yang kita lakukan maka sulit untuk meraih apa yang kita inginkan.

Mulailah dari sekarang untuk yakin dan optimis terhadap keputusan yang kita buat, dan cobalah untuk memahami bahwa keyakinan dan optimisme adalah kunci untuk meraih suatu keberhasilan.

BACA JUGA:  Keistimewaan Berqurban di Idul Adha

Jadikan pengalaman sebagai guru yang terbaik

Setiap orang pastinya memiliki sebuah pengalaman buruk. Dari sebuah pengalaman inilah yang dapat merubah pola pikir dan cara bertindak seseorang untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Karena hidup ini dibutuhkan bekal pengalaman agar dapat dijalani dengan baik. Sehinga kesalahan yang pernah dilakukan tidak terulang kedua kalinya. Karena sesungguhnya apapun yang kita lakukan hari ini akan menjadi pengalaman bagi kita dikemudian hari.

“Kemarin adalah masa lalu, hari ini adalah kenyataan dan hari esok adalah harapan.”

BACA JUGA:  Keistimewaan Berqurban di Idul Adha

Merubah keluhan dengan kesabaran

Ketika kegagalan menghampiri jemput ia dengan sebuah kesabaran bukan dengan keluhan. Karena kesabaran menjaga anda agar tetap yakin dan pantang menyerah terhadap kesulitan yang anda temui. Ikhlaslah menerima apapun yang sudah anda miliki karena itulah hal terbaik yang diberikan dalam hidup anda. Berhenti membanding-bandingkan keadaan dan keuntungan dengan orang lain. Anda adalah anda, mereka adalah mereka, yakini bahwa kesabaran akan membuahkan sebuah keberhasilan

Jangan mudah pesimis

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang lemah dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.Alhasil, ketika sekelilingnya memiliki kondisi negatif, maka manusia bisa terbawa arus kurang baik tersebut. Ungkap Emma Seppala, Ph.D.,Science Directore di Stanford University’s Centre, divisi Compassion and Altruism Research and Education yang dilansir dalam kompas.com (5/7/17)

BACA JUGA:  Keistimewaan Berqurban di Idul Adha

Jangan mudah berfikir negatif terhadap kegagalan yang anda alami saat ini, ingatlah semua memori positif dimasa lalu, jangan buang waktu anda dengan mengeluh di saat sekarang, dan fokuslah terhadap masa depan anda untuk meraih keberhasilan.

Ingatlah selalu bahwa yang menjadi persoalan bukanlah bagaimana situasi yang kita hadapi, melainkan bagaimana sikap kita dalam menghadapi situasi itu. Tidak ada niat baik yang menghasilkan keburukan, sebaliknya tidak ada niat buruk yang berubah baik, meski dikerjakan dengan cara-cara yang baik. Namun jangan khawatir, apabila kita terus berniat baik, yakinlah pintu jalan akan terbuka untuk kita. (Marsila)

Komentar

Berita lainnya