oleh

Kenali Jenis-jenis Transaksi Pada Perbankan Syariah

Ilustrasi.

Ekonomi syariah atau sering disebut juga dengan Ekonomi Islam adalah bentuk percabangan ilmu ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah melandaskan pada syariat Islam, yang berasal dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. Hukum-hukum yang melandasai prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan.

Menurut Umaer Captrs, salah satu ekonom kontemporer Muslim yang paling terkenal pada zaman modern ini di timur dan barat.. Menurutnya, ekonomi islam merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang membantu manusia dalam mewujudkan kesejahteraannya melalui alokasi dan distribusi berbagai sumber daya langka sesuai dengan tujuan yang ditetapkan berdasarkan syariah (al–‘iqtisad al–syariah) tanpa mengekang kebebasan individu secara berlebihan, menciptakan ketidakseimbangan makroekonomi dan ekologi, atau melemahkan solidaritas keluarga dan sosial serta ikatan moral yang terjalin di masyarakat.

Ekonomi syariah dapat menginformasikan setiap aspek hidup keseharian seorang muslim. ekonomi syariah memiliki tujuan yaitu mencapai falah atau untuk mencapai kesuksesan, kebahagiaan, dan kesejahteraan di dunia dan akhirat.

Beberapa contoh ekonomi syariah telah dijabarkan didalam beberapa rangkaian transaksi seperti berikut ini :

Investasi syariah

Semua transaksi yang terjadi di bursa efek misalnya harus atas dasar suka sama suka, harus jelas dan transparan, informasi antar pihak harus seimbang, tidak ada unsur pemaksaan, tidak ada pihak yang dizalimi atau menzalimi, tidak ada unsur riba, unsur spekulatif atau judi (maysīr), haram jika ada unsur insider trading (Aziz 2010).

Jual beli

Ini merupakan proses tukar menukar harta dengan jenis barang lain yang sama-sama bermanfaat dalam pengertian fiqih muamalah.

Musyarakah

Musyarakah sering disebut dengan syarikat, perseroan, serikat, dan syirkah. Musyarakah merupakan sebuah kerja sama yang dilakukan antara dua pihak atau lebih yang mana semua bentuk proses kerja sama ini akan ditangguk pihak yang terlibat tersebut.

Mudhorobah

Mudhorobah ialah bentuk kerja sama antara sang pemilik modal dan pihak yang menjualakan dimana keuntungan nanti akan dibagi bersama.

Murobahah

Transaksi penjualan barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli.

Ijarah

Proses sewa menyewa, ijarah dapat diartikan sebagai gaji maupun upah atau imbalan yang didasari karena meminjam barang-barang tertentu yang disewakan.

Musyqah

Salah satu bentuk kerja sama yang terjadi antara sang pemilik kebun dengan orang yang dipercayakan untuk menggarap atau mengelola kebuntersebut. Ketentuan imbalan atau upah tentunya telah ditentukan dan disepakati bersama.

Itu adalah beberapa jenis dari ekonomi syariah, yang keseluruhannya memiliki prinsip yang sama yaitu berdasarkan syariat islam dan tidak menyimpang dari ajaran islam. Ekonomi islam merupakan percabangan ilmu ekonomi berlandaskan nilai-nilai agama Islam. Perekonomian yang tidak hanya mencari keuntungan tapi juga bertujuan untuk ketentraman hati. (Cindy Permata Sari)

Komentar

Berita lainnya