oleh

Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinetetik – Mana yang Tepat untuk Kita?

(Istimewa)

Belajar merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia. Karena dari sanalah kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Belajar bukan hanya wajib bagi para siswa-siswi yang masih duduk di bangku sekolah, maupun mahasiswa/I yang duduk di bangku perkuliahan. Tetapi belajar diperuntukkan bagi semua usia, yang muda maupun yang tua pun masih membutuhkannya.

Bagi sebagian orang, belajar merupakan hal yang membosankan karena dikaikan dengan membaca. Hal ini disebabkan karena orang-orang tersebut tidak terlalu menyukai belajar dengan cara membaca. Padahal, belajar tidak selalu dengan membaca buku, bisa saja kita menonton video yang membahas seputar pelajaran yang ingin kita dapatkan. Pasti ini tidak akan membosankan bukan? Karena setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dengan proses belajarnya masing-masing.

Banyak orang yang salah dalam proses belajar mereka. Karena mereka tidak mengetahui cara manakah yang tepat untuk dirinya. Ada yang lebih menyukai membaca, ada pula yang lebih menyukai melalu mendengarkan suatu hal ataupun dengan menonton video. Kita harus mengetahui cara belajar yang efektif bagi diri kita,, agar dapat cepat memahami apa yang kita pelajari. Ada tiga cara belajar, yaitu:

BACA JUGA:  Kampus Umar Usman Telurkan Pebisnis Millennial Melalui Business Pitching

Visual

Cara belajar bagi orang-orang visual ini, ia cenderung menggunakan indera penglihatan dan imajinasi yang mereka miliki. Seperti dengan cara melihat gambar, menonton video,, ataupun dengan cara mencatat kembali apa yang orang lain katakan, dan juga biasanya dengan cara membaca buku. Jadi, bagi mereka yang mempunya cara belajar visual ini harus membiasakan diri untuk rajin membaca karena itulah yang menjadi cara efetif utnuk mereka mempelajari suatu hal.

BACA JUGA:  Kampus Umar Usman Telurkan Pebisnis Millennial Melalui Business Pitching

Auditori

Cara belajar bagi orang-orang auditori ini cenderung menggunakan indera pendengaran. seperti mendengarkan saat guru berbicara, lalu merekamnya dan dputar kembali saat di rumah agar dapat lebih mudah ia pahami. Bisa juga dengan cara berdiskusi karena mereka mudah menangkap pembicaraan orang lain.

Kinetetik

Bagi orang-orang kinestetik ini biasanya mereka meyentuh segala sesuatu yang ditemuinya pada saat belajar. Dan juga biasanya tidak bisa diam ketika proses belajar atau selalu ingin bergerak seperti saat sedang mendengarkan penjelasan dari pengajar, ia lebih menyukai bila sambil menggambar. Orang-orang kinestetik ini juga lebih menyukai pembelajaran dengan cara praktek, karena mereka dapat mudah memahaminya.

BACA JUGA:  Kampus Umar Usman Telurkan Pebisnis Millennial Melalui Business Pitching

Dari ketiga cara belajar tersebut, kita harus mengambil salah satu nya bagi diri kita dalam proses belajar yang akan kita lakukan setiap harinya. Agar kita tidak lagi merasakan gangguan-gangguan yang dapat menghambat proses pembelajaran seperti rasa bosan, dan lain sebagainya. Tak dipungkiri, rasa bosan memanglah hal yang wajar. Setidaknya, ketika kita sudah mengetahui cara belajar yang tepat, kita dapat meminimalisir gangguan-gangguan tersebut. (Dwi Lestari)

Komentar

Berita lainnya