oleh

1,2 Ton Sampah Berhasil Dibersihkan pada Acara Bebenah Ciliwung

Sebanyak 1,2 ton sampah sungai Ciliwung berhasil dibersihkan oleh tidak kurang dari 150 relawan yang bergabung dalam acara peringatan HPSN yg diselenggarakan oleh Komunitas Ciliwung Depok pada Minggu, 24 Februari 2019 di sempadan Ciliwung Kota Kembang, Pancoran Mas, Kota Depok.

Kegiatan yang diawali dengan sosialisasi Pemilu oleh KPUD Kota Depok dilanjutkan dengan operasi bersih sampah yang dikenal dengan Bebenah Ciliwung (BC) secara berbarengan dilakukan juga kegiatan perawatan tanaman sempadan sungai serta ecobrick yaitu cara pengelolaan sampah yang dimasukan ke dalam botol bekas air minum kemasan untuk dijadikan benda lain yang bermanfaat lagi. Sedangkan sampah dari hulu sungai yang dikumpulkan relawan ke dalam kantong sampah dilarung kemudian di rescue untuk ditimbang dan dievakuasi ke atas jembatan menggunakan katrol/ kerekan milik kendaraan para offroader lalu dimuat ke dalam truk angkutan sampah milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok.

 

BACA JUGA:  18.315 Peserta BPJS Kesehatan PBI APBN Nonaktif di Depok Bisa Ajukan Bansos

Ketua panitia pelaksana peringatan HPSN 2019 KCD menyatakan, berdasarkan pengalaman melakukan BC pada bbrpa titik di aliran Ciliwung, KCD menyarankan pemerintah memiliki peralatan pengolahan sampah sungai sehingga sampah yg dievakuasi tidak dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir. Ditambahkan sampah yg dibuang masyarakat yg tidak sadar kebersihan, jorok dan tidak peduli lingkungan itu kebanyakan sudah rusak dan menyatu, tidak bisa diurai lagi. Sampah itu terdiri atas popok, pakaian, kantong plastik, tali/ tambang, styrofoam, lembaran karet.

BACA JUGA:  KCD Kembali Rayakan HUT RI di Sungai Ciliwung

Hadir dalam kegiatan yg bekerja sama dengan WWF Indonesia ini, Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kemen LHK, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, tokoh masyarakat dan akademisi dari Universitas Indonesia dan Universitas IPB  (tdes)

Komentar

Berita lainnya