oleh

Perlunya ‘Safety Riding’ Kendaraan Roda Dua

-Otomotif-1.089 views

Safety riding kerap sekali dilupakan dikalangan masyarakat, terutama perlatan dan perlengkapan yang kerap menjadi penghambat pengendara roda dua karena peralatan yang diperlukan biasanya diremehkan, baik dari perlengkapan kecil maupun perlengkapan inti berkendara yang mengakibatkan mutu kecelakaan roda dua tertinggi dibanding dengan roda empat.

Penerapan safety riding tertera dalam UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pada BAS (building automation system) pasal 203 ayat 2 huruf a yang berbunyi : “untuk menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ditetapkan rencana umum nasional keselamatan dan angkutan jalan, meliputi : penyusunan program nasional kegiatan keselamatan dan angkutan jalan”. Adapun penjelasan dari pasal 203 ayat 2 huruf a yaitu bahwa program nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diantaranya yaitu tentang Cara Berkendara dengan Selamat (safety riding).

Pemerintah sudah menerapkan peraturan berkendara baik untuk angutan atau pengendara pribadi nih dalam Undang-undang nomor 22 terutama dalam surat menyurat kendaraan seperti STNK, SIM, dan plat nomor. Dalam pasal yang tertulis antara lain :

  • STNK dan SIM tidak expired. (sesuai BAB VII Paragraf 3 pasal 80 huruf d)
  • Plat nomor depan dan belakang (sesuai BAB VII bagian ketujuh tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor pasal 68 dan pasal 70 ; BAB XIX
  • Bagian kedua paragraf 1 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di jalan pasal 265 Ayat 1 huruf a ; dan BAB XX tentang ketentuan pidana pasal 280 , tertera sebagai berikut :
  • Memakai perlengkapan/aksesoris Safety Riding yang relatif paling aman

Perlengkapan safety riding sebelum berkendara, terutama kendaraan roda dua antara lain sebagai berikut :

  • (HELM) Helm berguna untuk melindungi kepala kita dari benturan keras ketika berkendara, agar lebih aman dan safety gunakan helm yang berstandar SNI karena sudah diresmikan dan lebih cendrung keras dan tidak mudah hancur jika berbenturan atau mengalami kecelakaan terutama yang bermodel fullface.
  • (JAKET) atribut kedua ini kadang memang jadi hal yang di remehkan apalagi jika berpergian di siang hari yang cuacanya memang panas , padahal jaket merupakan perlengkapan yang luamayan fatal bagi kesehatan kita , terutama jika kita jatuh dan tergores aspal, bisa melindungi kulit dari goresan aspal, utamakan jaket lengan panjang dan berbahan tebal karena selain untuk melindungi kulit jaket juga berguna untuk melindungi dada kita ketika riding pada malam hari, karena jika kita tidak suka memakai jaket relatif paru-paru dan pernafasan kita akan terganggu.
  • (CELANA) utamain jika berkendara menggunakan celana panjang , selain untuk menahan dingin dari cuaca atau panas sekalipun , celana panjang lebih meringankan luka jika terjatuh, jika perlu tambahkan pelindung lutut agar lebih aman.
  • (SARUNG TANGAN) selain melindungi kulit kita dari terik supaya tidak belang, sarung tangan juga bermanfaat untuk melindungi telapak tangan kita jika terjatuh saat berkendara secara otomatis tangan lebih cendrung menahan badan kita, maka dari itu sarung tangan juga penting dalam keamanan berkendara.
  • (JAS HUJAN) nah buat pengendara motor yang kendaraannya tidak mempunyai atap seperti kendaraan roda empat harus nyediain jas ujan nih, terutama pada musim ujan seperti sekarang ini kan, karena bisa menghambat kita untuk sampai ke tujuan baik kekantor ataupun ke tempat lainnya.
  • (BUFF) atau penutup hidung.
  • (SEPATU).

Itu semua yang harus kita perhatikan dalam berkendara roda dua agar lebih nyaman dan aman untuk mengurangi kecelakaan fatal yang cendrung lebih parah, dibanding dengan menggunakan alat-alat yang sudah dipaparkan diatas.

Komentar

Berita lainnya