Peran e-Banking pada Generasi Milenial

Ilustrasi. (Istimewa)

Generasi milenial adalah generasi yang banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS dan media sosial seperti facebook dan twitter, dengan kata lain generasi milenial adalah generasi yang tumbuh pada era internet booming.

Tidak berhenti disitu, jika dilihat dari usia produktif dan jumlah angkatan kerja, maka jumlah kelompok generasi milenial yang terbanyak. Seiring majunya zaman maka semakin berubah juga pola pikir setiap generasi, generasi milenial sudah mulai untuk memikirkan hal yang instan, instan yang dimaksudkan disini adalah tidak mau memperumit segala kegiatan.

Pada tahun 2020 generasi milineal berada pada rentang usia 20 tahun sampai 40 tahun. Usia itu merupakan usia produktif yang akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS ) di indonesia, jumlah penduduk Indonesia usia 20 tahun hingga 40 tahun di tahun 2020 diperkirakan berjumlah 83 juta jiwa atau 34 % dari total penduduk Indonesia yang mencapai 271 juta jiwa. .

BACA JUGA:  Tanggung Jawab Pemerintah Benahi Fasilitas Umum

Generasi milenial merupakan generasi yang dikenal dengan hal yang instan. Salah satunya dalam hal financial. Sistem dalam perbankan sekarang sangat menunjang keahlian bagi generasi ini, yaitu dengan adanya e-Banking. Internet banking atau e-Banking adalah salah satu jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet. Sistem ini membantu dalam proses transaksi secara tidak langsung, maksud dari tidak langsung adalah seorang nasabah tidak perlu pergi ke bank untuk beberapa proses transaksi seperti pembayaran yang ditunjang oleh bank itu sendiri atau transfer.

Menurut Tampubolon (2009), saluran dari internet banking yang telah diterapkan bank-bank di Indonesia berupa: ATM, phone banking, internet banking dan SMS/m-Banking.

Tetapi sayangnya tidak semua bank sudah memilki sistem ini, terutama di Indonesia. Jumlah bank umum persero yang ada di Indonesia berjumlah 4 bank, bank umum swasta nasional berjumlah 75 dan 10 diantaranya syariah, bank pembangunan daerah berjumlah 27 bank dan 1 diantaranya syariah, ada juga kantor cabang bank yang berkedudukan di luar negeri berjumlah 9 bank . Dalam jumlah total semua bank itu yang sudah memakai sistem e-Banking hanya beberapa bank dan adapun data jumlah bank yang saya ketahui melalui penelusuran yang sudah memakai sistem e-Banking di Indonesia adalah -/+10 bank termasuk bank syariahnya, meliputi, bank Mandiri, bank BRI, bank BCA, bank BNI, bank CIMB Niaga, bank Danamon, bank Permata, bank Panin, bank BTN, bank Maybank Indonesia.

BACA JUGA:  Be Smart, Be Beauty, Be You!

Perkembangan e-Banking di Indonesia akan mengubah dan meningkatkan inklusi keungan di Indonesia, karena dilihat dari kondisi pada zaman sekarang masyarakat sudah banyak yang menggunakan internet. Peran internet portal sebagai pintu masuk bagi setiap interaksi bisnis. Teknologi internet dipandang sebagai sarana yang efisien/mudah, karena dengan internet memasarkan serta menjadi saluran distribusi produk dan jasa keuangan dengan biaya yang relatif murah. Efisiensi tersebut menjadi daya tarik untuk penerapan e-Banking.

BACA JUGA:  Perpeloncoan, Sudah Saatnya Dihentikan

Peran internet banking bagi generasi milenial yang berpengaruh pada inklusi keuangan sangat terlihat manfaatnya, walaupun disisi lain ada juga nasabah yang tidak menggunakan internet karena ketidapahaman mereka akan internet itu sendiri. Kepuasan nasabah menjadi faktor yang menentukan keberhasilan bank dalam menjalankan usahanya.

Maka dapat disimpulkan bahwa peran internet banking bagi generasi milenial sangat penting. Hal ini dikarenakan pengguna layanan internet banking di zaman ini sangat bermanfaat dan efisien untuk digunakan juga seiring berjalannya waktu peminat pada layanan ini semakin banyak sehingga berpengaruh pada inklusi keuangan di Indonesia. (Astri Nur Aisyah)

Komentar

Berita lainnya