oleh

Pentingnya Sebuah Perencanaan

Ilustrasi. (Istimewa)

“Buat apa menyusun rencana kehidupan ? Toh sudah diatur sama yang maha kuasa.” Itulah kata–kata yang terkadang dilontarkan oleh segelintir orang yang tidak mempunyai tujuan hidup alias mengalir saja mengikuti araus kehidupan.

Masih ingat salah satu dosen yang mengajar di semester 1 memberikan tugas yang tidak biasanya yaitu menyuruh para mahasiswanya untuk membuat rencana 5 tahun kedepan.

Ada juga kakak tingkat atau senior yang menjadi mentor memberikan tugas yang hampir sama yaitu kita disuruh menuliskan 50 impian, diberi waktu satu minggu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Ironisnya tidak ada satupun anak didiknya yang mengumpulkan tugas itu. Akhirnya ia berkata “Ternyata kita disuruh meminta kepada Alloh SWT aja susah,buktinya tidak ada satupun yang mengumpulkan tuga itu, padahal kakak hanya meminta menuliskan impin kalian.Pertanyaannya apakah kalian sudah mepunyai impian? Apakah kalian sudah mempunyai gambaran akan jadi apa kedepannya?” sontak saja kata-kata itu sungguh menyambuk batin.

BACA JUGA:  Apa Itu Literasi ?

Benar saja kita manusia,kita diciptakan begitu istimewa berbeda dengan makhluk lainnya,kita dianugrahi akal pikiran yang harus digunakan sebagaimana metinya.

Hidup harus ada perubahan,hidup harus ada pergerakan,hidup harus punya perencanaan. Adapun jika orang bilang “Percuma hidup direncanakan ujung-ujungnya hanya Alloh yang menetukan.” Pernyataan itu sungguh keliru. Orang yang tidak punya rencana akan berjalan tanpa araah tujuan, kemungkinan besar akan terbanting tak punya pendirian yang berujung pada kebingungan. Orang yang sudah merancang tujuan saja masih kebingungan apa yang harus dilakukannya apalagi yang tidak punya tujuan?

BACA JUGA:  Goresan Tinta Hitam Untuk Millenial

Kembali teringat ke perkataan salah satu kakak tingkat “Mimpi itu harus divisualisasikan, cobalah pajang rencana dan mimpimu di lemari atau dinding kamarmu. Kemudian coret mimpimu yang terealisasikan.Sehingga ketika kita sedang dirundung malas dan putus asa kita bisa melihat mimpi kita yng belum terealisasikan. Hl ini dapat menimbulkan semangat untuk mengejar mimpi kita. (Delis Nurhasanah)

Komentar

Berita lainnya