Launching Website Budaya, Bentuk Kepedulian Terhadap Seniman

DEPOK – Budaya memiliki peran dalam membangun dan memajukan bangsa, pembentukan karakter dan moral bangsa. Dalam membangun bangsa sangat mendasar karena menyangkut nilai-nilai kehidupan yang melandasi sebuah tatanan masyarakat agar tidak terlekang oleh waktu.Melaui Gelar budaya suluk Nusantara , Dompet Dhuafa meresmikan gerakan relawan lanjut usia cabang Depok dan launching website budaya Dompet Dhuafa. Kamis (10/1).

” Acara ini merupakan kecintaan terhadap para seniman yang telah menjaga serta melestarikan kesenian yang ada di Indonesia. Selain itu juga kami akan kasihkan kartu proseni ( proteksi seniman Indonesia) kepada para seniman yang hadir pada acara hari ini.” Ucap drg.Imam Rulyawan MARS selaku Direktur Dompet Dhuafa.

Sebagai lembaga penggerak masyarakat yang mentransformasikan nilai-nilai kebaikan, Dompet Dhuafa mengajak seluruh elemen mewujudkan kebangkitan peran budaya melalui seni pertunjukan, makanan, tari, kerajinan, musik, dan kearifan lokal.Dalam acara Gelar budaya suluk Nusantara, Dompet Dhuafa membagikan kartu Proseni ( proteksi seniman Indonesia).Kartu asuransi ini merupakan cara Dompet Dhuafa dalam memperhatikan para seniman Indonesia. Kartu proseni yang berjalan dua bulan dalam bentuk Donasi dan asuransi.

BACA JUGA:  Sanggar Suluk Nusantara bersama Dompet Dhuafa Pentaskan Ande-Ande Lumut

Dengan banyaknya permasalahan yang dialami oleh seniman, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk berdonasi melalui website budaya Dompet Dhuafa dalam menjawab tantangan mensejahterahkan budayawan yang setiap harinya konsisten menegakkan kearifan budaya negeri melalui keahlian yang dimilikinya, tetapi masih harus berjuang untuk terbebas dari kondisi kehidupan yang serba kekurangan.

Rangkaian kegiatan yang dimulai dari pagi hari diisi dengan senam bugar lansia, pembagian kartu proseni,dan launching Gerakan Relawan Lansia Indonesia (GERLI) cabang depok. Dengan mengembangkan produktifitas lansia merupakan modal berharga bagi sebuah negara dalam mengembangkan produktifitas perputaran ekonomi. Saat ini jumlah lanjut usia semakin terus bertambah.Sehingga dengan merawat hal tersebut, kita akan tetap menjadi bangsa yang bermartabat dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian antar sesame melalui pendekatan budaya.

BACA JUGA:  Perbaikan Jembatan Mampang, Buka Tutup Jalan Diberlakukan

Menurut Parni Hadi sebagai Inisiator, Pendiri sekaligus Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika, mengatakan “Gerakan Relawan Lansia Indonesia (GERLI) merupakan gerakan hati demi kebaikan diri sendiri dan sesama secara bersama-sama. GERLI juga bagian dari Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI). Pada Gerakan Lansia Indonesia mempunyai landasan yaitu Pancasila, sifat dari GERLI ini yaitu Independen, terbuka untuk semua lansia, terlepas dari gender, ras, suku, bangsa, budaya, agama, ideologi dan profesi. Usia Lansia harus tetap sehat dan bersemangat

Komentar

Berita lainnya