Kenali Keunggulan Sistem ABS pada Motor Anda

(Istimewa)

Sistem pengereman ABS atau yang disebut juga dengan Anti Lock Braking System adalah sebuah sistem rem yang ada di kendaraan mobil ataupun motor agar tidak terjadi penguncian roda saat pengendara mengerem secara mendadak. Sebelum ada di motor, sistem ini sudah ada terlebih dahulu di Pesawat Terbang. Seperti yang kita tahu banyak para pengendara yang kadang melakukan rem mendadak dan tentunya ini membahayakan bagi si pengendara itu sendiri.

Karenanya pabrikan otomotif sekelas Yamaha, Honda, Daihatsu, Toyota, Suzuki dan lainnya. Menghadirkan motor atau mobil mereka dengan sistem Rem terbaru ini. Agar pengendara lebih aman meskipun melakukan rem mendadak. Cara kerja sistem rem ABS ini pertama sensornya akan mendeteksi roda yang terkunci, dan ia akan secara otomatis membuat piston rem melepaskan tekanan ke titik normal lagi. Setelah itu dikeraskan lagi saat roda berputar.

Proses dari titik normal ke pengerasan piston berlangsung begitu cepat. Kadang 15 detik dan bisa lebih cepat lagi. Hal ini membuat kendaraan akan mudah dikendalikan dan jarak antara pengereman lebih efektif. Yang tentunya cara kerja sistem rem terbaru ini bisa memberikan keamanan lebih baik dari sistem Rem konvensional. Untuk penerapan sistem Rem teraman ini memang hanya ada dibeberapa tipe motor saja sedangkan untuk mobil hampir secara keseluruhan sudah ada.

BACA JUGA:  Rayakan Ulang Tahun, Yamaha Bagi-bagi NMAX dan Motor Yamaha Masuk Ancol Gratis

Nah kelebihan apa aja sih yang bisa kamu dapatkan jika kendaraan roda dua kamu sudah mengadopsi sistem pengereman ABS? Berikut ulasan lengkap nya :

Pengereman menjadi lebih stabil

Dikarenakan sistem pengereman ABS menjaga agar kendaraan selalu stabil saat melakukan pengereman dibanding kendaraan yang tidak memiliki sistem pengereman ABS
.
Terhindar dari ban terkunci saat melakukan rem mendadak

BACA JUGA:  Rayakan Ulang Tahun, Yamaha Bagi-bagi NMAX dan Motor Yamaha Masuk Ancol Gratis

Ini merupakan manfaat paling besar yang dapat kita rasakan jika kendaraan roda dua kita sudah memiliki sistem pengereman, yaitu menghindarkan dari ban terkunci saat melakukan rem secara mendadak. Jangan menyepelekan perihal ban terkunci ini, karna ini merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Dimana saat itu kita tidak lagi bisa mengendalikan kendaraan yang kita bawa akibat ban sudah terkunci karena mengerem secara mendadak, ABS mencegah ban terkunci sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Lebih aman saat melakukan pengereman di jalan yang licin

BACA JUGA:  Rayakan Ulang Tahun, Yamaha Bagi-bagi NMAX dan Motor Yamaha Masuk Ancol Gratis

Dikarenakan fungsi utama dari sistem pengereman ABS ini adalah menghindari terjadinya ban terkunci saat pengereman secara mendadak, maka manfaat ketiga ini sangat berguna jika kamu seseorang yang sering berkendara ketika hujan. Karna sistem pengereman ABS ini menjaga agar tidak terjadi selip pada ban saat melakukan pengereman di jalan yang licin/hujan.

Biasanya, harga sepeda motor yang sudah memiliki sistem pengereman ABS ini akan sedikit lebih mahal 3 sampai 4 juta dibanding yang belum memiliki sistem pengereman ABS ini.

Namun dibalik harga yang lebih mahal tersebut, kita mendapatkan manfaat dan fitur keselamatan yang banyak dari sistem pengereman ABS ini. Jadi uang yang kita keluarkan pun tidak terasa sia-sia. (Akbar Febriyansyah)

Komentar

Berita lainnya