oleh

Gali Strategi Pengembangan Wakaf Malaysia, IsEF SEBI Adakan Study Visit Malaysia – Singapura

 

Islamic Economics Forum (IsEF) STEI SEBI mengadakan Study Visit Internasional Malaysia dan Singapura. Study Visit merupakan salah satu program kerja IsEF SEBI yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dalam rangka memperluas khazanah keilmuan terkait Ekonomi Syari’ah dengan melakukan kunjungan lintas negara dengan mengangkat tema “Exploring Islamic Philantrophy in Malaysia and Singapore”. Pengangkatan tema tersebut dilatarbelakangi oleh gencarnya perkembangan Ekonomi Islam dalam sektor non-profit atau voluntary sector di Indonesia. Dengan latarbelakang tersebut, diharapkan peserta dapat memiliki pemahaman yang lebih komprehensif mengenai penerapan salah satu instrumen Ekonomi Syari’ah dalam sektor non-profit yaitu Wakaf.

BACA JUGA:  Tips Mahasiswa S3 Hadapi Ujian Akhir Semester

Kunjungan lembaga Ekonomi Syari’ah Malaysia yaitu Yayasan Wakaf Malaysia (YWM) yang diikuti oleh 38 peserta yang merupakan pengurus Islamic Economics Forum (IsEF) dan mahasiswa STEI SEBI dengan didampingi oleh 2 dosen. Yayasan Wakaf Malaysia berada dalam komplek Putra Jaya Malaysia yang merupakan pusat administrasi seluruh bagian kenegaraan Malaysia.

Sambutan yang hangat dari Yayasan Wakaf Malaysia oleh Tuan Abdul Halim Mat Yusuf sebagai manajer mengawali jalannya diskusi pada kunjungan tersebut. Diskusi berupa penyampaian profile dan gambaran umum terkait dengan struktur dan jalur koordinasi lembaga – lembaga kenegaraan dalam mensukseskan instrumen non-profit di Malaysia, dilanjutkan tanya jawab. Salah satu topik diskusi yang berkembang adalah bagaimana strategi Yayasan Wakaf Malaysia mensosialisasikan programnya kepada masyarakat secara masif dan bagaimana bentuk program wakaf yang ditawarkan kepada masyarakat. “Kami mengutamakan pemberian manfaat kepada masyarakat dari hasil pengelolaan wakaf, seperti memberikan fasilitas penyewaan ruko hasil pengelolaan wakaf untuk berdagang dengan harga yang murah, pembangunan hotel syariah, dan adanya penyediaan kebutuhan gratis bagi masyarakat.. siapa yang butuh silahkan datang untuk mengambil kebutuhannya…” papar Tuan Abdul Halim Mat Yusuf.

BACA JUGA:  Pengabdian kepada Masyarakat FIB UI di SMA Mardi Yuana Depok

Selesai dijalankannya diskusi dengan Yayasan Wakaf Malaysia, IsEF SEBI melanjutkan kunjungannya ke berbagai destinasi seperti ISRA (International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance). “Bagi saya pribadi, ini merupakan kali kedua mengikuti Study Visit ke Malaysia dan Singapura yang diadakan oleh KSEI IsEF. Meski dengan tujuan 2 negara yang sama seperti sebelumnya, terdapat pengalaman dan pelajaran yang berbeda. Study Visit ini merupakan sarana upgrading pengetahuan kita sebagai mahasiswa di luar kampus. Harapannya di Study Visit selanjutnya tujuan negara yang akan di explore berbeda dengan Study Visit sebelumnya. Tentu dengan pengalaman dan pelajaran yang berbeda pula”. Jelas Nailah sebagai peserta Study Visit saat dimintai kesan dan pesan. (Annisa Rizkiyah)

Komentar

Berita lainnya