oleh

Darimana Asal Pundi-pundi Youtuber?

-Tekno-480 views

Sekarang ini banyak orang yang beralih atau terjun jadi YouTuber atau mencari sampingan dari youtube baik dari kalangan artis atau perusahaan dan kata YouTube ini sering kita dengar bahkan tak asing lagi ditelinga kita hingga banyak dikenal baik dikalangan anak kecil sampai ke orang-orang dewasa, hingga saat ini YouTube merupakan media sosial yang sering di gunakan dikalangan para netizen atau warga internet baik dalam segi dunia hiburan, entertainment, pengetahuaan dan yang lainnya.

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, tips games dan video pendidikan.

Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar AS atau setara Rp 23,76 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS) dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Yang membuat seluruh dunia kaget adalah seistimewa itukah YouTube? Namun pertanyaan tentang keistimewaan YouTube itu terjawab dengan segera, karena sejak pembeliannya hingga saat ini, YouTube telah menjadi nama terbesar di dunia internet! Nama yang bukan hanya menghasilkan uang jauh lebih besar untuk Google, tapi juga untuk sebagian besar penggunanya! Baik direncanakan atau tidak, YouTube berkembang menjadi semacam industri tersendiri, dengan pengguna yang dapat menjadikan YouTube sebagai lahan untuk peluang mendapatkan income, atau bahkan sebagai profesinya! Mereka ini lebih akrab disebut dengan istilah “YouTuber”.

Ketika YouTuber, atau misalnya Anda, mengunggah video di YouTube, Anda diberi pilihan untuk bisa menyalakan pilihan “Monetize” atau memonetisasi video itu. Ini artinya, Anda mengizinkan Youtube/Google untuk menempatkan iklan di dalam video Anda, dan sebagai timbal baliknya, Anda akan mendapatkan bagi hasil dari iklan itu, dengan pembagian 45 persen untuk YouTube dan 55 persen untuk Youtuber. Setelah 1.000 view video yang ada upload Artinya dapet 1 dollar AS CPM dan menunjukkan pengiklan akan membayar 1 dollar AS untuk setiap 1.000 view iklan itu di video kalian

Hingga sampai saat ada yang namai King Of YouTube yaitu Atta Halilitar yang sudah tak asing lagi kita dengar ditelinga, dan adik Oki Setiana Dewi, Ria Yunita atau yang akrab disapa Ria Ricis juga memiliki penghasilan miliaran rupiah per tahun. Wanita dengan nama akun YouTube ‘Ricis Official’ itu mempunyai subscriber lebih dari 2,7 juta. Estimasi pendapat Ria dari YouTube sekitar US$ 90 ribu hingga US$ 1,4 juta atau Rp 1,2 miliar sampai Rp 18 miliyar. (Muhamad Andrian)

Komentar

Berita lainnya