oleh

Chubb Life CSR Literasi Keuangan ke Taman Bacaan Lentera Pustaka

Adalah fakta bahwa hanya 29,7 persen masyarakat yang paham akan literasi keuangan, sesuai data OJK (2017). Untuk itu sangat diperlukan upaya edukasi pemahaman keuangan yang memadai di masyarakat, di samping kemudahan aksesnya.

Berangkat realitas itu dan sebagai bukti kepedulian sosial, Chubb Life Indonesia menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka, khususnya untuk program edukasi literasi keuangan di kalangan anak-anak usia sekolah. Penyerahan dilakukukan secara langsung oleh Presiden Direktur Chubb Life Indonesia, Mr. Bimal Balasingham kepada Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka di acara Chubb Life Agency Kick Off 2019 di Ice Palace Lotte Kuningan Jakarta, Kamis (17/01/2019).

“Donasi CSR Chubb Life ke Taman Bacaan Lentera Pustaka merupakan bagian dari tanggung jawab sosial kami. Selain dapat memacu tradisi baca anak-anak juga dapat menjadi sarana edukasi akan pentingnya edukasi keuangan bagi anak-anak sehingga bisa lebih bijak dalam menyikapi uang di masa depan” ujar Bimal Balasingham, didampingi Ruguel Romanus (Chief Agency Officer Chubb Life) dan Chiqita (Head Marketing Communications).

Sebagai perusahaan asuransi jiwa, Chubb Life membuktikan kepeduliannya terhadap budaya literasi anak-anak usia sekolah di Kaki Gunung Salak Bogor. Nantinya, melalui program bertajuk “Chubb Life Bercerita bersama Taman Bacaan Lentera Pustaka” akan diselenggarakan edukasi literasi keuangan secara bulanan sepanjang tahun 2019 dengan topik-topik yang menarik anak-anak seperti; jajan atau nabung, ini celenganku mana celenganmu. Tim Chubb Life pun akan melakukan aktivitas CSR di TBM Lentera Pustaka pada waktu yang dipilih di tahun 2019 ini.

Melalui momentum ini, Chubb Life ingin ikut aktif dalam aksi kepedulian sosial khususnya dalam literasi keuangan. Di samping fokus dalam membangun bisnis asuransi jiwa, aksi CSR ini menjadi kontribusi nyata untuk tegaknya tradisi baca anak-anak di tengah gempuran era digital. “Kami sangat mendukung kegiatan taman bacaan. Maka untuk mencapai kesuksesan perusahaan, “berbagi” kepada taman bacaan adalah cara terbaik perusahaan kami dalam mensyukuri apa yang telah didapatkan sebelumnya” tambah Bimal Balasingham.

Donasi CSR Chubb Life, selain akan digunakan untuk program edukasi literasi finasial setiap bulan, TBM Lentera Pustaka pun akan menambah buku bacaan yang berkualitas dan berbahasa Inggris sebagai media baca anak-anak, teramsuk buku-buku literasi keuangan. Patut diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki 80 anak pembaca aktif yang setiap 3 kali seminggu “bersemangat” membaca. Dengan koleksi 3.000 buku, kebiasaan membaca anak-anak di wilayah ini semakin meningkat. Tidak kurang dari 5 buku per minggu selalu dibaca anak-anak TBM Lentera Pustaka.

“TBM Lentera Pustaka sangat berterima kasih dan mengapresiasi perusahaan sekelas Chubb Life mau berkontribusi secara nyata untuk taman bacaan. Edukasi literasi keuangan dan pembelian buku tematik akan sangat menambah motivasi anak-anak untuk membaca. Bahkan kami menanti kunjungan CSR bagi keluarga besar Chubb Life ke TBM Lentera Pustaka” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Memamg tidak mudah membangun kebiasaan membaca anak-anak. Apalagi budaya literasi yang memadai, termasuk literasi keuangan. Namun dengan sinergi bersama, seperti yang dilakukan Chubb Life dan TBM Lentera Pustaka pasti setiap tantangan akan mudah diubah menjadi peluang, untuk menciptakan anak-anak Indonesia yang gemar membaca dan melek literasi keuangan.

Hingga akhirnya, melalui taman bacaan akan bisa dilahirkan anak-anak yang berpengetahuan dan memiliki karakter unggul. Sehingga bisa menjadi “jalan terang” untuk menuju masa depan yang lebih baik, lebih berguna bagi orang lain. Bila ada cara sederhana untuk meluaskan dunia anak-anak, maka itulah “jadikan anak mencintai buku”

Komentar

Berita lainnya