oleh

Budidaya Tanaman dengan Teknik Hidroponik

Ilustasi..(Istimewa)

Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tanaman tanpa menggunakan tanah. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Teknik hidroponik dapat mempermudah dalam pengendalian hama, penyakit dan efek pencahayaan yang sering dialami oleh tanaman. Budidaya tanaman dengan teknik hidroponik sangat ramah lingkungan karena dalam prosesnya tidak menggunakan pestisida atau herbisida yang beracun.

Penggunaan pestisida dan bahan-bahan kimia pada pertanian, telah terbukti dapat membantu meningkatkan hasil pertanian dan membuat pertanian lebih efisien. Namun jika pestisida dan bahan kimia lainnya digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai aturan, maka dapat mencemari lingkungan terutama dalam sektor pertanian, terlebih lagi bahan kimia tersebut dapat membahayakan manusia dan hewan, dimana bahan kimia tersebut terakumulasi pada produk hasil pertanian dan perairan dalam sektor pertanian.

Hidroponik menjadi salah satu solusi bagi permasalahan yang disebabkan oleh penggunaan pestisida dan bahan-bahan kimia tersebut. Selian itu, hidroponik juga menjadi solusi bagi ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

Hidroponik sangat cocok bagi orang yang memiliki hobi berkebun atau bercocok tanam. Teknik ini tidak membutuhkan tempat atau pekarangan yang luas. Hidroponik dapat diterapkan di mana saja, karena teknik ini tidak memerlukan banyak pencahayaan. Selain itu, meski teknik budidaya hidroponik menggunakan air sebagai media utamanya, namun penggunaan air tidak sebanyak yang digunakan dalam teknik budidaya tanaman secara konvensional.

Budidaya tanaman dengan teknik hidroponik akan bebas dari hama dan penyakit, karena biasanya hama dan penyakit tersebut berasal dari tanah. Hasil budidaya tanaman hidroponik akan lebih banyak, serta cara memanen juga lebih mudah dan tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

Teknik hidroponik dapat diterapkan dalam berbagai jenis tanaman baik sayuran seperti selada, sawi, bayam, kangkung,dsb; buah-buahan, tanaman hias sampai tanaman herbal.

Oleh : Sri Mulyani

Komentar

Berita lainnya