oleh

Kolaborasi Dosen STTNF dan UI Bantu Bank Sampah di Kota Depok

DEPOK – Dosen STT NF dan UI melakukan kerjasama dalam program hibah yang dibiayai oleh Kemenristekdikti dalam skema PKM (Program Kemitraan Masyarakat). Program PKM ini diinisiasi oleh tiga orang dosen dari program studi Teknik Informatika STT Terpadu Nurul Fikri dan Teknik Mesin Universitas Indonesia. Ketiga dosen tersebut adalah Ahmad Rio Adriansyah, M. Si., Sirojul Munir, S. Si., M. Kom, dan Dr. Eng. Radon Dhelika.

BACA JUGA:  Inisiasi Pengelolaan Sampah Eletronik di SMAN 1 Depok

Kegiatan ini dilakukan sepanjang tahun 2018 di kota Depok, dalam rangka melaksanakan salah satu aspek dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Ada beberapa program yang dibawa untuk membantu pengelolaan bank sampah di kota Depok tersebut. Di antaranya adalah pembuatan mesin cacah dan aplikasi web untuk bank sampah.

Mesin pencacah yang dibuat ini ditempatkan di bank sampah induk yang berlokasi di kecamatan Beji Kota Depok yang dikoordinatori oleh bapak Hendra. Tujuan utama dari mesin pencacah tersebut yakni menciptakan nilai tambah dari pengelolaan sampah anorganik, seperti plastik kemasan, yang dapat dibuat karya inovatif oleh pengelola bank sampah tersebut.

BACA JUGA:  Kampus Umar Usman Telurkan Pebisnis Millennial Melalui Business Pitching

“Kami berharap dengan adanya mesin ini, produktifitas bank sampah meningkat, masyarakat menjadi lebih semangat untuk memilah sampah dan menyetorkannya ke bank sampah, yang secara tidak langsung akan membuat lingkungan kita lebih bersih.” Ungkap Ahmad Rio salah satu tim pembuat mesin pencacah bagi bank sampah.

Selain mesin pencacah yang di buat oleh tim, terdapat juga aplikasi website yang dapat menyediakan informasi bank sampah, serta dapat membantu masyarakat menjadi cabang bank sampah atau nasabah. Aplikasi tersebut dapat di akses melalui website di http://jangkarsampah.id/.

Komentar

Berita lainnya