Rahasia Sukses Membangun Bisnis Online: Cara Tentukan Produk yang Tepat Untuk Bisnis Online Anda

Muhammad Fadhli, Penulis dan Pebisnis Online (Dokumentasi Ladofadoredo)

Oleh Muhammad Fadhli

Tepatnya memilih jenis produk yang akan dipasarkan adalah kunci utama keberhasilan dalam membangun sebuah bisnis marketing. Kesalahan memilih produk sering memicu kegagalan saat awal mengembangkan bisnis dan bisa saja mati di tengah perjalanan, sehingga hanya membuang waktu dan biaya.

Sebuah produk yang pernah mengantar kesuksesan seseorang berbisnis, belum tentu akan memberikan kesuksesan yang sama bagi pebisnis lainnya, meski mereka memasarkan produk yang sama, dengan pola marketing tak berbeda.

Ini menjadi fenomena tersendiri, di tengah kelatahan masyarakat meniru jenis produk dan pola marketing yang telah berhasil ditekuni pebisnis sebelumnya.

Apa indikator yang membuat ini terjadi?

Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan produk yang akan dipasarkan dalam bisnis online. Pertimbangan pertamanya adalah produk langka yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan belum ada orang lain memasarkannya.

BACA JUGA:  Sambut Idul Fitri, IKEA Beri Potongan Harga Hingga 75 Persen

Keuntungannya, kita dapat menentukan sendiri harga produknya dan menjadi pemasar pertama yang mengolektif konsumen untuk produk ini. Peluang besar untuk jadi distributor terbuka lebar. Pelaku selanjutnya tentu mengikuti trend harga kita sebagai acuannya.

Menentukan produk langka dan sangat dibutuhkan masyarakat, menuntut kejelian kita mempelajari kebutuhan pasar. Produknya ini bisa berupa barang dan jasa.

Pertimbangan ke dua adalah produk yang paling mudah kita dapatkan dengan modal rendah atau produk jasa yang kita memiliki keahlian yang signifikan. Modal yang rendah tentu akan memudahkan untuk menjalani kerjasama dengan para reseller (unit usaha lain yang ikut memasarkan produk kita).

BACA JUGA:  102 Saham Anjlok Berjamaah, IHSG Dibuka Turun 0,54%

Pertimbangan ke tiga adalah produk yang dibutuhkan masyarakat secara berkala dan berkelanjutan. Produk yang bersifat longlife atau tahan lama akan memperpanjang durasi repeat order (pemesanan ulang). Produk yang dibutuhkan konsumen secara berkala dan bekelanjutan serta dalam selang waktu yang waktu yang dekat, akan memberikan efek yang baik terhadap stabilitas bisnis dan memicu percepatan pengembangan jumlah konsumen.

Sebagai pertimbangan ke empatnya adalah pilihlah produk yang tidak cepat kadaluarsanya dan bisa diyakini akan selalu ada dan tidak berhenti pengadaannya. Akan lebih baik jika kita memasarkan sebuah produk yang merupakan hasil produksi kita sendiri.

BACA JUGA:  Telkomsel Sisihkan Rp1.000 dari Tiap Pembelian Paket Super Seru untuk Renovasi SD

Dan pertimbangan yang ke lima, pilihlah produk yang berkualitas, untuk menghindari keluhan konsumen. Bisnis yang hanya fokus pada penjualan tanpa menjaga kualitas produknya, tidak akan berkembang, dan perlahan akan kehilangan konsumennya satu per satu, dan hanya menunggu masa kegagalan tiba.

Pertimbangan terhadap produk yang akan dipilih untuk bisnis online ini, bisa diterapkan untuk jenis produk barang dan jasa. (*)