oleh

PNS Depok Ikuti Uji Kompetensi Pegawai

DEPOK – Sebanyak 50 orang Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Depok mengikuti Uji Kompetensi Pegawai, di Saung Dolken, Jalan Guru Muchtar, Nomor 9, Kampung Kebun Karet Cimahpar, Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/10/2016). Para peserta terdiri dari 37 orang Eselon IV dan 13 orang Fungsional umum.

“Dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan kelancaran penyelenggaraan tugas pembangunan, sosok Aparatur Sipil Negara yang profesional sangat dibutuhkan,” kata Walikota dalam sambutannya saat membuka acara Uji Kompetensi Pegawai.

Profesionalitas seorang Aparatur Sipil Negara, lanjutnya, ditampilkan melalui kemampuan melayani masyarakat dengan cepat dan berkualitas dimana akan menentukan hasil dari pembangunan yang dilaksanakan sehingga profesionalitas menjadi salah satu pertimbangan penting dalam rangkaian proses evaluasi dan penempatan Aparatur Sipil Negara.

BACA JUGA:  Pelanggar Protokol Kesehatan Masih Tinggi, Pemkot Depok Tingkatkan Pengawasan

“Acara ini bukan untuk kenaikan pangkat, kalau untuk penempatan, iya,” jelas Idris.

Dirinya juga mengatakan, penempatan atau pengangkatan Aparatur Sipil Negara dalam suatu jabatan harus sesuai dengan kompetensi jabatan yang disyaratkan dalam jabatan, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang. Melalui kegiatan pemetaan kompetensi jabatan ini dapat diketahui kompetensi ASN Pemkot Depok sejauh mana tingkat kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang ASN berupa pengetahuan, keterampilan, sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatan, sehingga ASN tersebut dapat bertanggungjawab dalam menjalankan tugas jabatannya secara profesional, efektif dan efisien.

BACA JUGA:  Manfaat Wifi Gratis untuk PJJ Mulai Dirasakan Warga Depok

“Dengan adanya moratorium PNS, kita berdayakan SDM yang ada. Disinilah pentingnya uji kompetensi untuk pemetaan kompetensi pegawai,” tambahnya.

Kegiatan Uji Kompetensi Pegawai akan berlangsung selama tiga hari, yakni Rabu-Jum’at, 19-21 Oktober 2016, yang diisi dengan uji kompetensi dan outbond training pada Rabu dan Kamis, dan test MMPI pada hari Jum’at. Acara ini terselenggara atas kerjasama Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok dengan Puslit Pranata UI dan RSUD Kota Depok dan dihadiri oleh plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok dan Sekretaris Korpri Kota Depok.

Komentar

Berita lainnya