Kamar Dagang Taiwan Buka Peluang “Sister City” Dengan Bogor

bogor.jpg
(Istimewa)

DEPOKPOS – Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan menjajaki kerja sama `sister city` dengan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, rencana ini dibahas dalam pertemuan keduanya yang berlangsung di Vihara Dhanagun, Selasa.

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto hubungan informal antara Bogor dan Kota Tainan, Taiwan telah berjalan ditandai dengan kunjungan delegasi kota tersebut pada setiap perayaan Cap Go Meh.

“Pembicaraan kerja sama sudah disampaikan pada kunjungan tersebut, Tainan ingin meningkatkan hubungan menjadi `sister city` dalam berbagai bidang baik ekonomi, budaya dan pendidikan,” kata Bima.

Pemerintah Kota Bogor, lanjut Bima, menyambut baik tawaran kerja sama tersebut, karena tidak hanya dengan Kota Bogor, tetapi juga melibatkan kota lain di Indonesia seperti Surabaya dan Lombok.

BACA JUGA:  Kecelakaan Beruntun Tapi Terpisah di 3 Gerbang Tol Halim

“Saya juga mendapat undangan mengunjungi Tainan, Taiwan untuk membicarakan kerja sama ini lebih lanjut,” kata politis PAN tersebut.

Sementara itu, Pengurus Vihara Dhanagun, Guntur Santoso yang menjadi mediasi antara Pemerintah Kota Bogor dan delegasi tertinggi Taiwan tersebut mengatakan, untuk menindaklanjuti rencana kerja sama, akan dilakukan studi banding dalam berbagai hal antara Bogor dan Tainan.

Ia menyebutkan, Kota Tainan memiliki industri makanan yang besar, pertanian anggrek terbesar dan sangat tergantung pada industri makanan berbasis pertanian.

“Untuk kerja sama bidang pendidikan, dapat dilakukan dengan transfer ilmu dalam menanam anggrek biotechnology yang sudah diaplikasikan di Tainan,” katanya.

BACA JUGA:  6.000 Kali Khatam Alquran, Begini Metode yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Selain itu juga, lanjut Guntur, kerja sama pendidikan juga dapat dilakukan dengan pertukaran mahasiswa atau petani untuk belajar alih teknologi yang dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.

Menurut Guntur, perwakilan tertinggi dari Taiwan akan menjembatani beberapa kota di Indonesia dan Kota Tainan dalam menjalin kerja sama. Taiwan sedang menargetkan kota-kota besar yang memiliki hubungan kerja sama budaya dengan negara-negara Asian.

“Salah satunya Indonesia untuk pengembangan budaya dan juga bisnis,” katanya.

Ia menambahkan, Kota Bogor terpilih sebagai salah satu kota target kerja sama, karena sudah mempunyai pengalaman kerja sama budaya dalam penyelenggaraan Festival Cap Go Meh.

BACA JUGA:  Kecelakaan Beruntun Tapi Terpisah di 3 Gerbang Tol Halim

“Kunjungan Pak Wali Kota nanti ke Tainan untuk penjajakan, melanjutkan kerja sama dengan manfaat yang lebih. Terkait jadwal disesuaikan bisa akhir tahun maupun awal tahun,” kata Guntur.