oleh

Hingga Desember Tak Akan Ada Pencetakan e-KTP di Depok

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengklaim bahwa sudah seratus persen warga Depok melakukan perekaman e-KTP. Meski begitu, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok menyatakan untuk pencetakan e-KTP kini mengalami kendala dan dipastikan tidak akan ada pencetakan e-KTP sampai akhir November atau awal Desember 2016 mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Disdukcapil Depok Misbahul Munir, Rabu (26/10/2016) yang menyebutkan ada beberapa hal yang menyebabkan pencetakan e-KTP belum lagi bisa dilakukan pihaknya. Beberapa hal itu katanya lebih dikarenakan faktor dari Kemendagri.

“Kami mohon maaf yang sebesar besarnya atas keterlambatan pencetakan KTP elektronik,” kata Munir.

Penyebab keterlambatan kata dia, adalah, akibat lambatnya proses verifikasi ketunggalan data perekaman yang dilakukan oleh Data center Kementrian Dalam Negeri.

“Saat ini masih banyak data warga Depok yang sudah terekam, namun statusnya Send For Enrolment dan belum menjadi Print Ready Record, atau belum siap dicetak. Jadi harus divalidasi lagi di kemendagri,” kata Munir.

Selain itu kata dia, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri per 1 Oktober 2016, menyebutkan bahwa persediaan blangko KTP elektronik di Kementrian Dalam Negeri sudah habis atau kosong.

“Jadi saat ini sedang dalam proses pelelangan untuk pengadaan blangko KTP elektronik. Diperkirakan sampai dengan akhir bulan November 2016, pengadaan blangko baru bisa dilakukan,” kata Munir.

Karenanya, kata Munir, pencetakan KTP elektronik di Depok diperkirakan akan kembali normal mulai akhir November atau awal Desember 2016 mendatang.