oleh

Dari Buah Menjadi Produk Kosmetik yang Siap Dipasarkan

DEPOK – Belimbing adalah salah satu icon oleh-oleh khas Kota Depok. Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk yang sangat unik diantara buah lainnya. Tanaman buah utama yang banyak dihasilkan oleh lahan pertanian di wilayah Kota Depok, adalah belimbing khususnya Belimbing Dewi.

Walikota Depok Muhammad Idris yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Herman Hidayat pada grand launching produk belimbing, di Aula Terapung, Universitas Indonesia (UI) Selasa (18/10/2016) mengatakan:

BACA JUGA:  Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial

“Belimbing Dewi sangat berbeda dengan belimbing lainnya, warnanya yang kuning jingga keemasan punya rasa manis dan tidak mudah busuk. Model ini selalu juara dalam festival buah nasional maupun internasional,” katanya.

Keunggulan belimbing Dewi dibanding belimbing yang lain, selain dapat diolah sebagai makanan dan minuman juga dapat diolah sebagai bahan farmasi dan produk kosmetik. Selama ini yang kita ketahui, produk belimbing hanya berupa makanan dan minuman seperti dodol dan jus saja. Ternyata luar biasa buah belimbing sarat manfaatnya.

BACA JUGA:  BRI Luncurkan Platform Digital Saving BRI Buka Rekening

Menurut Dr. Mahdi Jufri MSI., Apt. Selaku Dekan Fakultas Farmasi UI, mengatakan bahwa diketahui bahwa belimbing ini punya potensi yang banyak mengandung vitamin C, juga ada flavonoid sangat bagus untuk kulit, kemudian kita kembangkan formulasinya. Hasil riset sudah dilakukan sejak tahun 2012, kemudian pada tahun 2015 ada industri yang tertarik.

BACA JUGA:  Tren Positif Pasar Otomotif, Penjualan Honda Meningkat 93%

“Maka produk hilirisasi dan hasil riset Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan CV Cahaya Multi Mandiri, mengeluarkan produk kosmetik Belimbing Island yang telah bersertifikasi BPOM. Produk kosmetik tersebut seperti sabun wajah, serum, pasta gigi, dan lain-lain dapat diciptakan,” ujar Dr. Mahdi Jufri. (Karmila/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya