Air Dimasak Berulang Kali Justru Berbahaya Untuk Kesehatan

Ilustrasi merebus air. (Istimewa)
Ilustrasi merebus air. (Istimewa)

DEPOKPOS – Saat hendak menikmati segelas kopi atau teh hangat, siapapun tentu akan menyiapkan air yang hangat. Meminum air, kopi atau teh hangat memang sangat nikmat apalagi saat cuaca hujan. Tak jarang, seseorang akan memasak air berulang kali agar air tetap bisa dinikmati dengan hangat.

Memasak air berulang kali memang bagus secara pribadi tapi tidak bagi kesehatan. Dikutip Boldsky, Rabu (26/9), cara demikian justru salah satu yang berbahaya bagi kesehatan. Memanaskan atau memasak air pada dasarnya baik untuk menghilangkan zat berbahaya pada air. Namun jika dilakukan berulang kali pada air yang sama, zat berbahaya itu akan timbul kembali sehingga tidak aman untuk dikonsumsi lagi.

Ada sejumlah masalah kesehatan yang bisa muncul ketika seseorang melakukan kebiasaan ini. Pertama, akan mengakibatkan seseorang bermasalah pada sistem pencernaanya, seperti sakit perut. Kandungan arsenik pada air tersebut bisa membahayakan siapapun yang mengonsumsinya.

Beberapa studi yang dilakukan di seluruh dunia juga telah menunjukkan, kandungan fluoride dalam air menyebabkan beberapa masalah neurologis. Ini sangat mempengaruhi tingkat intelektual anak-anak nantinya. Tak hanya itu, nitrat pada air tersebut mampu menimbulkan penyakit kanker pada usus, rahim, pankreas, dan kandung kemih.

Arsenik merupakan salah satu zat beracun terburuk yang hadir di dalam air. Ketika air tersebut kembali direbus, kemungkinan besar bisa menyebabkan risiko pada masalah kardiovaskular. Bahkan, akan menimbulkan bentuk terburuk pada ginjal kesayangan Anda.