oleh

Wujudkan Revolusi Mental, Kodim 0508 Depok Gelar Dandim Depok Cup 2016

Dandim Depok Letkol Infanteri Slamet Supriyanto bersama para panitia dan Forki siap menggelar kejuaraan Karate Dandim Depok Cup 2016. (Foto: Ria/DepokPos)
Dandim Depok Letkol Infanteri Slamet Supriyanto bersama para panitia dan Forki siap menggelar kejuaraan Karate Dandim Depok Cup 2016. (Foto: Ria/DepokPos)

DEPOK – Sejalan dengan semangat mewujudkan revolusi mental yang digulirkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Komando Distrik Militer (Kodim) 0508 Depok menggelar kejuaraan karate Dandim Depok Cup 2016 yang dibuka hari ini, Jumat (9/9) di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur.

Pemilihan karate sebagai event akbar kejuaraan dinilai selaras dengan gerakan revolusi mental yang menjunjung tinggi kerja keras, berkemauan baja, dan sopan santun. Komandan Kodim (Dandim)0508 Depok Letkol Infanteri Slamet Supriyanto kepada SP mengatakan, event ini adalah kenyataan yang pertama kali digelar dan dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-71 TNI pada 5 Oktober mendatang.

“Saya berinisiatif bersama rekan-rekan untuk merencanakan event akbar kejuaraan ini. Hari ini event akan dibuka dan berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 September di GOR Ciracas, Jakarta Timur,” ujar Slamet Supriyanto kepada Depok Pos di Markas Kodim 0508 Depok, Jawa Barat, Kamis (8/9/2016).

BACA JUGA:  Gubernur Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 di Depok Jika Terus Meningkat

Gelaran Dandim Depok Cup 2016 ini disambut para peserta dari berbagai usia dan jenjang kelas. Tercatat hingga kini sudah 900 peserta yang mendaftar. Jika tidak dibatasi maka akan lebih banyak lagi peserta yang turut serta.

“Event ini kami harapkan menjadi tonggak awal dan semoga dapat terus terlaksana ke depannya pada setiap tahunnya,” tutur Slamet.

Pemilihan GOR Ciracas sendiri, kata Slamet dilatarbelakangi karena Kodim 0508 Depok merupakan bagian atau jajaran Kodam Jayakarta yang meliputi wilayah Jabodetabek dan bagian dari Korem Wijayakarta yang melingkupi Kodim 0504 Jakarta Selatan, Kodim 0505 Jakarta Timur, Kodim 0507 Kota Bekasi, Kodim 0508 Kota Depok, dan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Dandim Depok Cup 2016 Aulia Rahman Hamzah menuturkan, kejuaraan ini terdiri kelas pra usia dini, usia dini, pra pemula, pemula, kadet, junior, dan senior. Tiap kelas terdiri atas Kata dan Kumite.

“Untuk jenjang usia, bagi pra usia dini dimulai dari 7 tahun. Usia dini 8-9 tahun. Pra pemula 10-11 tahun, Pemula 11-12 tahun. Kadet 12-14 tahun, junior 15-17 tahun, senior 17 tahun ke atas. Saat ini ada 27 kontingen/ Dojo. Kami memberikan uang pembinaan dan juga baju dogi untuk para juara 1,2 dan 3,” papar Aulia.

BACA JUGA:  Kantor Kelurahan Panmas Ditutup Hingga 11 September

Sementara itu, Sekretaris Umum Forki Kota Depok Waller Siahaan mengapresiasi gelaran Dandim Cup Depok 2016. Waller berharap ajang ini juga dapat menjadi tempat penyemaian bibit bibit baru atlet karate dari Kota Depok.

Ketua Komisi Wasit Forki Provinsi Jawa Barat Dede Admiral mengungkapkan wasit yang diterjunkan tidak hanya dari Jawa Barat tapi juga dari tingkat Nasional dan Asia. “Total ada 40 wasit kami terjunkan dari berbagai daerah dan perguruan agar netralitas dapat terjamin,” ujar Dede. (RIA/DEPOKPOS)

Komentar

Berita lainnya