oleh

Seratus Ribu Benih Ikan Ditebar di 3 Setu di Kota Depok

DSC0271-660x330.jpg
(Dok. Humas Depok)

DEPOK – Sebanyak seratus ribu benih ikan ditebar ke tiga setu di Depok pada hari ini. Kegiatan tebar benih jenis ikan konsumsi ini dilaksanakan dalam rangka re-stocking dan pelestarian setu di Kota Depok. Adapun jenis ikan yang ditebar adalah ikan mas, nila dan nilem.

“30 ribu benih ikan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok dan ditambah dengan 70 ribu sumbangan dari Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum dan Ikan Hias (BP3UIH) Cianjur, jadi total ada 100 ribu benih ikan yang akan ditebar pada hari ini di tiga setu, yakni Setu Cilodong yang berlokasi di Kecamatan Cilodong, Setu Tipar dan Setu Gadog di Kecamatan Cimanggis,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok, Nunu Heriyana, dalam acara tebar benih ikan di Setu Cilodong, Kamis (29/9/2016).

Diharapkan dengan ditebarnya benih ikan baru akan mempertahankan plasma nutfah dan keberadaan setu.

BACA JUGA:  Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan Bojongsari Ditutup Sementara

Melalui siaran pers Humas Depok, Walikota Depok, Mohammad Idris menceritakan perihal kunjungannya ke UGM Yogyakarta beberapa waktu lalu. “Kala itu Depok bersama dengan delapan kota lainnya se-Indonesia diminta hadir untuk menjadi narasumber dalam acara Symposium Smart City 2016. Kota-kota tersebut, termasuk Depok diundang karena merupakan kota yang menginisiasi program smart city,” jelas Walikota.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Tak Taat Pembatasan Aktivitas Warga, Bakal Kena Denda 25 Juta

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan smart city bukan sebatas pada pengembangan IT semata , tapi juga bagaimana kita memanfaatkan potensi kota kita untuk kesejahteraan warga dengan turut mengikutsertakan warga dalam pembangunan.

“Partisipasi warga penting untuk membantu mengatasi persoalan perkotaan,” kata Walikota.

Setu merupakan salah satu potensi yang dimiliki Kota Depok. Saat ini belum ada setu yang ideal di Kota Depok, namum Pemerintah Kota Depok berupaya untuk terus membenahi dan memaksimalkan potensi setu, dengan partisipasi dari warga.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Tak Taat Pembatasan Aktivitas Warga, Bakal Kena Denda 25 Juta

“Mari kita jaga lingkungan kita agar tetap asri dan bersih. Kita tingkatkan ini menjadi salah satu setu yang menjadi objek wisata yang lebih massif dan lebih baik lagi,” ujar Walikota Depok.

Acara tebar benih ikan di Setu Cilodong dihadiri oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Sosial (Ekbangsos) Setda Kota Depok, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Camat Cilodong, Pokja Setu Cilodong, Pokja Setu Tipar, Pokja Setu Gadog dan Forum Komunitas Hijau/FKH.

Komentar

Berita lainnya