Ridwan Kamil: Kurangi Kompetisi, Perbanyak Kolaborasi

Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat menandatangani MoU Kerjasama. (Foto Humas Depok)
Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat menandatangani MoU Kerjasama. (Foto Humas Depok)

DEPOKPOS – Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016. secara resmi dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur di Hotel Trans Luxury, Jalan gatot Subroto, Kota Bandung, Jum’at (02/09/16).

Asman menyatakan ISCF berdampak efisien terhadap anggaran, kinerja, dan waktu. Menurutnya ISCF menjadi forum untuk semua agar belajar secara praktis karena tak perlu repot untuk meneliti, studi banding dan keluar biaya besar untuk membuat instrumen atau perangkat lunak guna mendukung pelayanan publik.

“Yang ada disini tinggal di copy paste saja dan diimplementasikan,” himbau Menpan RB.

Asman melanjutkan, konsep studi tiru dalam ISCF 2016 sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta agar percepatan perbaikan pelayanan publik terus meningkat. Karena itu, Menpan RB akan mewacanakan ISCF menjadi ajang tahunan yang wajib diikuti tiap kepala daerah se-Indonesia. Hal tersebut agar kinerja dan pelayanan publik yang mengarah kepada teknologi terus meningkat.

Sementara Walikota Bandung Ridwal Kamil mengajak seluruh peserta ISCF untuk mengurangi kompetisi dan memperbanyak kolaborasi, karena kita adalah NKRI. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil, kolaborasi antar daerah sangat penting. Karena, jika suatu daerah sudah memiliki aplikasi kota cerdas, mereka bisa menyumbangkan aplikasinya ke daerah lain.

“Jadi tidak perlu tiap daerah membangun aplikasi sendiri-sendiri karena membutuhkan biaya yang cukup besar,” kata Ridwan.

“Kolaborasi itu dapat mengefisienkan penggunaan anggaran untuk membangun sejumlah aplikasi yang penggunaannya hampir sama di tiap daerah, antara lain e-good goverment, e-budgeting, perizinan online, dan administrasi sistem kependudukan,” ujar Kang Emil.

Komentar

Berita lainnya