oleh

Puncak Perayaan Pekan ASI Sedunia Digelar di Depok dan Bandung

pekan asi sedunia.jpg

Pada 1-7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week). Tahun ini tema yang diangkat adalah Menyusui sebagai Kunci Pembangunan Berkelanjutan” yang menandai dimulainya kampanye dan edukasi tentang peran menyusui pada pencapaian 17 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals (SDGs)).

Ketua AIMI Jabar, Andriana Chaizir mengatakan, peringatan Pekan ASI Sedunia tahun 2016 (PAS 2016) bertujuan untuk memberi informasi yang benar tentang ASI dan manfaatnya agar anak sehat dan cerdas, dengan mengajak berbagai pihak untuk ikut berperan serta mendukung ibu menyusui. Karena kesuksesan pemberian ASI sampai anak berusia 2 (dua) tahun memerlukan dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta/ dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan mendukung ibu menyusui akan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang. Menyusui, tidak hanya memberi manfaat untuk bayi, lebih dari itu menyusui juga memberi kontribusi pada peningkatan kesejahteraan keluarga,” kata Andriana dalam rilis yang diterima Depokpos, Minggu (7/8).

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Cabang Jawa Barat (AIMI Jabar) sebagai organisasi nirlaba nonpemerintah pendukung ASI dan ibu menyusui di Jawa Barat menggunakan momentum PAS 2016 ini dengan menggelar beberapa rangkaian kegiatan selama tanggal 1-7 Agustus 2016 dengan tema Menyusui: Hadiah Terindah Ibu bagi Bayi, Keluarga, dan Lingkungan. Perayaan Pekan ASI AIMI Jawa Barat dilakukan di 2 kota yaitu Depok dan Bandung.

BACA JUGA:  Kampanye Pilkada 2020 Harus Terapkan Protokol Ketat

“Melalui kegiatan peringatan Pekan ASI Sedunia 2016 ini kami harap dapat memberi informasi kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat, tentang pentingnya ASI dan menyusui. Kesuksesan pemberian ASI menjadi tanggung jawab seluruh pihak, mulai dari keluarga, lingkungan, hingga pemerintah. “Oleh karena ini, melalui rangkaian kegiatan sosialisasi ini kami berharap akan membuka mata banyak pihak akan pentingnya pemberian ASI sebagai kunci pembangunan berkelanjutan, ” katanya.

Senin (1/8) lalu, tim AIMI Jabar ranting Depok telah mengadakan sosialisasi tentang manfaat menyusui kepada ibu dan masyarakat di Puskesmas Sawangan. Kemudian Rabu (3/8) kegiatan serupa juga dilaksanakan di Puskesmas Beji, Depok. Dilanjutkan dengan Workshop Standar Emas Makanan Bayi pada hari Kamis (4/8) di Aula lantai 1 Balaikota Depok dengan menghadirkan dr. Utami Rusli, Sp.A dan Ketua AIMI Pusat, Mia Sutanto, SH, LLH sebagai narasumber. Workshop kerja sama Dinas Kesehatan Kota Depok dengan AIMI Jawa Barat ranting Depok ini turut dihadiri oleh Ibu Walikota Depok, Hj. Elly Farida Idris, Kepala Dinas Kesehatan kota Depok, dr. Noerzamanti Lies Karmawati, M.Kes dan Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Ekbangsos) Bapak Eka Bachtiar.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

“ASI merupakan makanan dan minuman terbaik yang diciptakan oleh Tuhan dan tentunya hal tersebut sudah dikaji secara global dan terbukti. Dengan menyusui eksklusif, dapat menurunkan angka kematian karena infeksi sebanyak 88% pada bayi yang berusia kurang dari tiga bulan” kata Eka pada sambutannya.

Dan puncak perayaan Pekan ASI di Depok akan berlangsung pada hari Minggu (7/8) di Depok Town Square yang akan diisi oleh Talkshow seputar menyusui. Dengan menghadirkan dr. Annisa Karnadi, IBCLC (Konsultan menyusui AIMI) dan bintang tamu Agus Ringgo dan Sabai.

Sedangkan, Pekan ASI di Bandung pada hari Rabu (3/8) diisi dengan sosialisasi tentang Dukungan Ayah untuk Menyukseskan Pemberian ASI kepada para pegawai pabrik PT Dewhirst, Rancaekek, Jawa Barat.

BACA JUGA:  Manfaat Wifi Gratis untuk PJJ Mulai Dirasakan Warga Depok

Puncak peringatan PAS 2016 di Jawa Barat diselenggarakan di Gedung Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Jalan Pasteur No. 25 Bandung pada Minggu, 7 Agustus 2016 yang akan dihadiri oleh Ibu Wakil Gubernur Jawa Barat, yang juga merupakan Wakil Tim Penggerak PKK Jawa Barat, ibu Gisela Deddy Mizwar, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. Hj. Alma Lucyati, M.Kes., M.Si., MH.Kes. Pada kesempatan ini, AIMI Jabar juga mengundang kader-kader Posyandu dan tenaga kesehatan Puskesmas di area Bandung dan sekitarnya untuk menjadi audiens sosialisasi seputar ASI dan menyusui pada puncak peringatan PAS 2016 tersebut.

Beberapa talkshow, sosialisasi, dan kegiatan aktivitas orangtua-anak akan digelar dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB untuk memeriahkan puncak peringatan PAS 2016, dengan mengundang pakar-pakar di bidangnya, yaitu: dr. Frecillia Regina, Sp.A, IBCLC (dokter spesialis anak dan konsultan menyusui AIMI Jabar), Zahratuljannah (selebgram), Isti Khairani (Financial Planner), Mang Rois (@ayahASI_bdg), Haryo (trainer Pachamama dan Eco Camp), dan Rizka Hany Kusumadhini (trainer dan praktisi pendidikan anak)

Komentar

Berita lainnya