oleh

Pemilik Ruko di Sepanjang Margonda Diminta Buat Vertical Garden

Ilusttrasi vertical garden di pertokoan. (ist)
Ilustrasi vertical garden di pertokoan. (ist)

DEPOK – Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Depok merencanakan program penghijauan untuk Jalan Margonda Raya dengan cara meminta para pemilik ruko, restoran dan apartemen di sepanjang jalan tersebut untuk menghias tempatnya dengan vertical garden.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Distarkim Kota Depok, Citra Yulianti, mengatakan bahwa program tersebut dilakukan guna menambah penyerapan Co2 dari kendaraan yang melintas di sepanjang jalur tersebut. Selain itu, hal ini dilaksanakan untuk mensiasati keterbatasan lahan yang ada di Jalan Margonda.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

“Dengan makin banyaknya tanaman di sana, sudah pasti akan menambah asri dan hijau, juga akan membuat Margonda makin sejuk dan bersih udaranya,” ujarnya pada Jumat (5/8).

Vertical garden adalah taman yang dibangun pada bidang yang berdiri tegak lurus dengan tanah. Taman vertikal ini hanya akan menggunakan lahan yang sedikit, jika dibandingkan dengan taman konvensional.

BACA JUGA:  Perketat Protokol Kesehatan, Depok Terbitkan Dua Perwal

“Selain lahan minimalis, juga dapat diletakkan atau dibangun di mana saja. Baik sebagai taman di luar rumah atau taman di dalam ruangan dan tanaman yang digunakan pun mudah ditemui, sehingga tidak kesulitan untuk membuatnya,”jelasnya.

Taman Vertikal dapat dijadikan sebagai salah satu upaya memecahkan masalah terbatasnya lahan di tengah perkotaan. Pada langkah awal, Distarkim akan menargetkan satu ruko per bulan untuk membuat taman vertikal pada lokasi lahan yang mereka miliki.

BACA JUGA:  Patuhi Protokol Kesehatan, Idris-Imam Daftar KPU Tanpa Libatkan Massa

Bukan hanya itu, Distarkim pun telah melakukan koordinasi dengan beberapa komunitas pecinta lingkungan untuk mengonsepkan dan menerapkan program tersebut.

Lebih lanjut, Citra pun berharap para pemilik ruko dapat bekerja sama untuk menerapkan program tersebut.

“Kami harapkan para pengusaha yang memiliki bangunan bertingkat seperti ruko atau apartemen di Kota Depok, dapat menerapkan program ini,” tutupnya. (Mitha Try/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya