oleh

Imigrasi Sudah Kantongi Data Paspor Menteri ESDM

irjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Sompie (kiri) dan Kepala Imigrasi Depok Dudi Iskandar.
irjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Sompie (kiri) dan Kepala Imigrasi Depok Dudi Iskandar.

DEPOK – Informasi terkait status kewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar sudah dikantongi Tim Direktorat Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini tentunya bisa menjawab benar atau tidaknya rumor yang beredar bahwa sang menteri berpaspor Amerika Serikat.

Hal tersebut ditegaskan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie didampingi Kepala Imigrasi Kota Depok, Dudi Iskandar, di sela kegiatan Imigrasi Gowes menyambut HUT RI di Depok, Jawa Barat, Minggu (14/8/2016).

“Data itu sudah diperoleh. Artinya data perlintasan beliau saat keluar negeri, beliau kembali ke Indonesia menggunakan paspor, sudah kita dapatkan datanya,” tegas Ronny.

BACA JUGA:  Diskusi Mundurnya Shinzo Abe dan Naiknya Sang "Tangan Kanan"

Namun Ronny menolak memberi penjelasan saat ditanya benar tidaknya isu paspor AS yang dikantongi Menteri ESDM Arcandra Tahar. Ronny hanya menjawab bahwa kewenangan menyampaikan informasi tersebut berada di Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

“Tentu informasinya ini satu pintu, Bapak Menteri Hukum dan HAM. Sehingga saya belum bisa menjelaskannya secara detil. Ini bukan hanya tugas dan fungsi Ditjen Imigrasi, tapi juga tugas dan fungsi Direktorat AHU karena berkaitan dengan kewarganegaraaan,” sebut Ronny.

BACA JUGA:  Wadahi Pemuda Pemantik Kemajuan, BAKTI NUSA Gelar Future Leader Challenge (FLC) 2020

Sebelumnya, santer beredar berita bahwa Acandra tahar memiliki kewarganegaraan ganda. Selain menjadi warga Indonesia, Arcandra konon menjadi warga negara Amerika Serikat. Sebab, diduga dia mempunyai dua paspor, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.

Komentar

Berita lainnya