oleh

Ibunda Gloria Angkat Suara Soal Kewarganegaraan Anaknya

Gloria Natapradja. (istimewa)
Gloria Natapradja. (istimewa)

DEPOKPOS – Ira Natapradja, ibunda dari Gloria Natapradja, siswi asal Kota Depok yang batal menjadi anggota paskibraka angkat suara meluruskan polemik kewarganegaraan ganda yang menimpa putrinya, Gloria Natapradja Hamel.

Persoalan kewarganegaraan tersebut menyebabkan Gloria digugurkan sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) karena dianggap bukan warga negara Indonesia setelah diketahui memegang paspor Perancis.

Ira mengatakan, paspor Perancis dibuat Gloria belum lama ini. Ayah Gloria diketahui sebagai warga negara Perancis.

BACA JUGA:  Lakukan Kegiatan Positif Agar Tak Gampang Stres

“Karena dia sering bepergian sendiri ke luar negeri. Dia harus pegang identitas dong. Makanya, dia buatlah paspor Perancis,” ujar Ira seperti dilansir Kompas, Senin (15/8/2016).

Ira mengatakan, Gloria masih berusia 16 tahun sehingga belum bisa mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP). Namun, Ira memastikan bahwa nama Gloria tercantum dalam kartu keluarga (KK).

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Gloria, lanjut Ira, lahir, besar, dan mengenyam pendidikan di Indonesia, tidak pernah di luar negeri. Ia berpendapat, seharusnya tidak ada lagi yang mempersoalkan status kewarganegaraan putrinya tersebut.

“Toh anaknya juga sudah memilih akan menjadi warga negara Indonesia. Hanya saja, kan memang umurnya belum 18 tahun, jadi belum bisa dapat KTP,” ujar Ira.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan, pengguguran Gloria telah sesuai dengan aturan undang-undang.

BACA JUGA:  Idris Ajak Warga Depok Baca Qunut Nazilah dan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

“Dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 jelas disebutkan, seseorang kehilangan warga negara apabila dia punya paspor (negara lain),” ujar Yosua, di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin siang.

“Ini Gloria sudah punya paspor. Kami cek, dia punya paspor Perancis,” lanjut dia.

Komentar

Berita lainnya