oleh

Data Penerima Raskin di Kelurahan Mekarjaya Menurun

Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

DEPOK – Jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima beras miskin (raskin) di Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, tahun ini mengalami penurunan dari tahun lalu.

Tercatat jumlah RTS tahun ini 302, sedangkan pada 2015 mencapai 500-an RTS. Data ini sesuai yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok. Melihat fakta yang ada, jumlah warga miskin di Mekarjaya terus merosot.

Sesuai pendataan yang dilakukan BPS, kata Nunung, banyak faktor penurunan jumlah warga miskin. Seperti misalnya pekerjaan, tempat tinggal, sampai kepada kepemilikan kendaraan.

BACA JUGA:  Lakukan Kegiatan Positif Agar Tak Gampang Stres

“Pada saat melakukan pendataan di lapangan, petugas melihat warga yang tadinya berhak menerima raskin, tapi karena ekonominya sudah baik, jadi tidak berhak lagi. Kemudian BPS memberikan data ke BPMK (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga), kemudian oleh BPMK memberikannya ke kami (kelurahan, red) untuk dijadikan rujukan penerima raskin,” kata seorang warga bernama nunung

BACA JUGA:  Patuhi Protokol Kesehatan, Idris-Imam Daftar KPU Tanpa Libatkan Massa

Memang melihat jumlah RW dan luas wilayah kelurahan se-Kecamatan Sukmajaya, Kelurahan Mekarjaya menjadi wilayah yang penduduknya cukup padat. Dengan jumlah 31 rukun warga (RW). Disusul Kelurahan Abadijaya dan Baktijaya dengan 29 RW.

Angka penurunannya memang banyak. artinya, jika ada warga yang membutuhkan raskin tetapi tidak ada di data, RT boleh memberikannya kepada warga tersebut. yang paling terpenting adalah warga yang membutuhkan bisa mendapatkan haknya dengan baik sehingga tidak ada kesalahpahaman atau kejadian yang tidak diinginkan akibat pendataan yang tidak stabil.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Pemerintah juga berharap semua busa mendapatkan haknya dengan utuh dan tidak ada satu warga pun yang tidak mendapatkan haknya tersebut. (Wirda Maya/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya