oleh

Belum Ada Temuan Kartu BPJS Palsu di Depok

BPJS

DEPOK – Masyarakat dikagetkan dengan penemuan kartu BPJS palsu di berbagai wlayah Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Meski demikian,  Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Nurifansyah mengatakan sampai saat ini belum ada temuan terhadap kartu palsu tersebut.

“Sampai saat ini kami belum menemukan kartu BPJS Kesehatan palsu di Depok,” ujarnya.

Namun untuk mengantisipasi hal tersebut, ia mengatakan pihaknya berupaya untuk menyebarluaskan informasi seluas-luasnya melalui media kepada warga masyarakat, untuk dapat mengurus sendiri kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS masing-masing individu. .

BACA JUGA:  Patuhi Protokol Kesehatan, Idris-Imam Daftar KPU Tanpa Libatkan Massa

“Urus saja sendiri ke kantor cabang atau online, sekarang sistemnya sudah mudah, cepat dan gratis. Jadi tidak ada itu pembuatan BPJS dipungut biaya,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya telah mengirim surat kepada instansi-instasi untuk memberi informasi kepada lingkungan sekitar agar mengerti dan memahami mekanisme atau tahap-tahap pembuatan kartu BPJS secara langsung maupun online.

BACA JUGA:  Perketat Protokol Kesehatan, Depok Terbitkan Dua Perwal

“Kami melakukan penyebaran informasi termasuk mengirim surat ke semua instansi. Intinya sederhana agar masyarakat mengerti dan memahami kalau mau daftar langsung ke kantor saja, nggak usah pakai mekanisme lain, urus BPJS mudah, cepat dan gratis,” tegasnya.

Dikatakannya, Kartu BPJS Kesehatan sangat penting untuk meng-cover biaya rumah sakit. Target pemerintah pada 2019 yakni cakupan Semesta. Artinya, kata dia, seluruh penduduk Indonesia telah terlindungi sebagai peserta JKN yang dikelola BPJS.

Komentar

Berita lainnya