oleh

Pentingnya Peran Orang Tua di Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

Ilustrasi suasana saat orangtua mengantar anaknya di hari pertama sekolah. (intipesan)
Ilustrasi suasana saat orangtua mengantar anaknya di hari pertama sekolah. (intipesan)

DEPOK – Tahun ajaran baru 2016/2017 akan segera dimulai. Sebagian besar sekolah di berbagai daerah di Indonesia memulai tahun ajaran baru pada tanggal 18 Juli 2016. Rutinitas orangtua untuk menyambut tahun ajaran baru umumnya adalah mempersiapkan kebutuhan sekolah untuk anak. Namun, ada faktor penting yang terkadang dilupakan oleh para orangtua, yaitu mengantarkan sang buah hati pada hari pertama sekolah.

Mengantarkan sang buah hati pada hari pertama sekolah merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh orangtua. Menyisihkan sedikit waktu untuk mengantarkan anak ke sekolah bukanlah hal yang sulit, karena hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang menarik serta mampu menjadi salah satu bentuk kasih sayang orangtua kepada anak.

Orangtua harus memahami bahwa menyekolahkan anak bukan semata-mata hanya mendaftarkan lalu menyerahkan semua proses kepada pihak sekolah. Campur tangan orangtua pun sangat penting demi menunjang perkembangan anak di sekolah. Salah satu caranya adalah dengan mengantar sang buah hati pada hari pertama sekolah. Mengantar anak bukan semata-mata hanya di depan gerbang sekolah saja, melainkan orangtua harus menyempatkan diri untuk berkenalan dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut mampu menjadi salah satu kesempatan orangtua untuk membangun hubungan yang baik antara orangtua dengan pihak sekolah.

BACA JUGA:  Semarak Sukmajaya Berjaya pada HUT Ke-74 RI

Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, telah mengeluarkan surat edaran resmi mengenai hari pertama sekolah. Ia berharap semua pihak dapat mendukung aksini ini dan para pelaku pendidikan dapat berinteraksi sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan.

“Keduanya adalah institusi pendidik. Kita ingin interaksi dan kemitraan keduanya bisa terwujud sejak hari pertama sekolah. Banyak masalah yang muncul selama ini karena tidak ada komunikasi antara sekolah dan orang tua. Sekarang keduanya harus bisa saling berbicara,” tutur Anies di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (11/7/2016).

BACA JUGA:  LPM Tirtajaya Depok Soroti Minimnya Infrastruktur bagi Pemenuhan Hak Anak

Tidak hanya Mendikbud, Psikolog anak dan keluarga, Dr. Rose Mini Agoes Salim yang akrab disapa Dr. Romi pun setuju akan pentingnya mengantarkan anak di hari pertama sekolah karena dianggap mampu menjadi jembatan antara orangtua dan sekolah.

“Hal itu bisa jadi salah satu jalan untuk menjalin interaksi antara orangtua dan sekolah. Sebab, buah hati nantinya akan banyak menghabiskan waktu di sekolah. Jadi, orangtua tentu harus ikut mengenal lingkungan sekolah anak. Pada saat tahun ajaran baru, biasanya banyak informasi yang diberikan sekolah. Lalu, yang paling penting, orangtua juga haru tahu tentang tata tertib sekolah,” ujar Romi.

BACA JUGA:  Semarak Sukmajaya Berjaya pada HUT Ke-74 RI

Jadi, mengantar anak pada hari pertama sekolah adalah hal yang sangat penting. Sebab, hal yang nampaknya kecil ini ternyata berdampak besar terhadap tumbuh kembang anak. Sebab, hal itu menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam kelangsungan pendidikan maupun keselematan sang buah hati. Selain itu, anak-anak akan mampu merasakan manfaat lain dari sekolah yang bukan hanya sekadar mendapat ilmu pengetahuan, tetapi anak-anak juga bisa belajar berinteraksi dengan baik. (Mitha Try/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya