oleh

Penduduk Resmi di Depok Ternyata Hanya 1,6 Juta Jiwa

(Istimewa)
(Istimewa)

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok mencatat, jumlah penduduk resmi Kota Depok hanya 1.635.349 jiwa. Sementara data penduduk yang tinggal di Kota Belimbing ini mencapai 2.1 juta jiwa.

“Jumlah penduduk Depok yang resmi dan tidak resmi ada perbedaan sekitar 500 ribu jiwa,” kata Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbakhul Munir usai Sosialisasi Kebijakan penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dirangkai dengan halal bihalal di lantai 10 gedung Dibaleka, Kamis (14/07/2016).

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

Munir melanjutkan jika penduduk resmi adalah penduduk yang memiliki KTP Depok, sementara penduduk tidak resmi atau non permanen artinya penduduk yang tinggal di Depok, tetapi tidak memiliki KTP Depok.

“Terhadap mereka (penduduk Non Permanen) akan didata dan diminta membuat Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT),” tuturnya.

Munir juga mengungkapkan, pada akhir Juli pihaknya akan melaksanakan operasi yustisi di beberapa wilayah di Kota Depok, seperti di kelurahan yang padat penduduk, apartemen, termasuk di beberapa lokasi yang dijadikan tempat singgah.

BACA JUGA:  Lakukan Kegiatan Positif Agar Tak Gampang Stres

“Biasanya di wilayah perbatasan dan perumahan elit, banyak penduduk yang tinggal di Depok tapi tidak ber-KTP Depok,” terangnya.

Menurut Munir, data penduduk ini memiliki banyak manfaat, seperti merancang program pemerintah dan juga bisa dilakukaan untuk menyelesaikan masalah-masalah kriminal.

“Terkait ini kami sudah koordinasikan dengan Satpol PP, kepolisian dan lainnya,” tegasnya. (Claudia/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya