oleh

Maling Berkedok Tukang Service AC di Sawangan Berhasil Ditangkap

Ilustrasi.
Ilustrasi.

DEPOK – Anggota Reskrim Polsek sawangan pada Rabu (20/7/2016) telah berhasil menangkap maling rumah mewah yang kosong milik Irwan Kurniadi (36) di Perumahan Bukit Rivaria, Blok L2/17, Bedahan, Sawangan, Depok.

Pelaku bernama Muhammad Rizki Ramadhan alias Renold adalah tukang service AC. Ia ditangkap oleh petugas di rumah kontrakan yang berada di Perumahan Telaga Kahuripan, Blok BB 10, Bogor pada pukul 11.00. Petugas yang dipimpin Kanit Reskrim, Iptu Sudiri, berhasil menemukan pelaku dalam waktu kurang dari 24 jam sejak peristiwa tersebut dilaporkan.

Kapolsek Sawangan, Komisaris Polisi Siti Nurhayati mengatakan bahwa karena tertinggalnya tas slempang yang berisi identitas pelaku di lokasi kejadian, petugas pun bergegas mencari lokasi tempat tinggal si pelaku hingga akhirnya pelaku pun tertangkap.

BACA JUGA:  18.315 Peserta BPJS Kesehatan PBI APBN Nonaktif di Depok Bisa Ajukan Bansos

“Dari hasil olah TKP di rumah korban, petugas temukan tas slempang berbahan kulit yang berisi bon kwitansi servis AC dan di dalam flashdisk terdapat foto serta alamat pelaku. Mulai dari situ, petugas bergegas menyisir lokasi rumah pelaku sampai akhirnya tertangkap,”tuturnya.

Siti pun menambahkan bahwa pelaku telah mengincar rumah yang menjadi pelanggan servis AC. Sebab, ia sudah mengetahui seluk-beluk rumah tersebut. Jadi, ia nekat membobol rumah pelanggannya sendiri.

“Ketika kejadian berlangsung, pemilik rumah sedang berada di rumah orangtuanya di Bandung, sehingga keadaan rumah sepi, pelaku pun menyelinap masuk dengan memanjat tembok. Kemudian, mencongkel pintu belakang dengan obeng dan linggis kecil,” ujarnya.

Pelaku mengambil satu persatu barang berharga yang berada di kamar utama, mulai dari laptop, kamera digital, perhiasan, mutiara hingga ribuan mata uang asing asal berbagai negara. Jika dihitung, kerugian bisa menjapai 80 juta rupiah.

BACA JUGA:  KCD Kembali Rayakan HUT RI di Sungai Ciliwung

“Pergerakan anggota yang cepat, berhasil membekuk pelaku hanya dalam waktu tujuh jam. Sehingga, barang-barang hasil curian masih utuh dan hanya dititipkan pada salah satu temannya di daerah Ciseeng, Bogor,”susulnya..

Kanit reskrim Polsek Sawangan, Iptu Sudiri memaparkan bahwa pelaku telah memberi keterangan pada penyidik, pelaku mengungkapkan bahwa ia adalah langganan tukang service AC di rumah korban.

“Pelaku adalah tukang service AC panggilan, sudah empat kali memperbaiki AC di rumah korban. Selain itu, Polsek Bojonggede juga kerap memanggil pelaku untuk memperbaiki AC yang rusak,”jelasnya.

Sudiri pun menambahkan bahwa pelaku mengaku baru sekali mencuri, rencananya hasil dari pencurian akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membiayai anaknya untuk sekolah.

BACA JUGA:  Inisiasi Pengelolaan Sampah Eletronik di SMAN 1 Depok

“Pelaku memiliki satu tanggungan anak yang masih butuh biaya sekolah. Karena seusai lebaran panggilan service AC sepi, ditambah lagi ia harus membayar kontrakan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia pun nekat mencuri,”tambahnya.

Petugas pun menyita barang bukti kejahatan berupa alat perkakas seperti obeng, linggis, dan martil yang pelakku lakukan untuk mencongkel pintu. Selain itu, 2 unit laptop, 2 kamera digital, 4 buah tas, dan puluhan gram perhiasan emas dan mutiara, serta beberapa mata uang asing jenis dolar.

“Motor yang digunakan pelaku pada saat kejadian pun ikut disita. Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan rumah kosong dengan ancaman 5 tahun penjara,”tutupnya. (Mitha Try/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya