oleh

Kota Depok Gelar Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks Secara Gratis

1.jpg

DEPOK – Dinas Kesehatan Kota Depok akan mengadakan IVA Test dan Pap Smear secara gratis. Dinkes Kota Depok bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mengadakan pemeriksaan kanker mulut rahim gratis, yang akan dilaksanakan pada Jumat (29/06) mendatang.

Meski pun kegiatan deteksi dini kanker serviks diperuntukkan untuk warga di lingkungan Balaikota Depok. Namun, Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiyah, mengatakan bahwa kegiatan ini memperbolehkan masyarakat umum untuk ikut serta, tetapi dengan syarat harus memiliki kartu BPJS.

BACA JUGA:  Gubernur Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 di Depok Jika Terus Meningkat

“Kami bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear, siapa saja boleh ikut, namun diutamakan bagi warga di Pemkot Depok,” tutur Zakiyah di Depok, Selasa (26/7).

Kegiatan yang akan melibatkan 200 orang wanita ini, akan dilaksanakan di Gedung Dibaleka II lantai 10, Balaikota Depok.

Ia pun mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut dilaksanakan guna membantu warga khususnya wanita di Kota Depok untuk menghindari terjangkitnya penyakit kanker serviks. Sevav, dengan melakukan pemeriksaan IVA Test dan Pap Smear ini kaum wanita dapat mengetahui kondisi leher rahim dan rahim mereka.

BACA JUGA:  Lakukan Kegiatan Positif Agar Tak Gampang Stres

Untuk hasil pemeriksaan akan diberikan langsung beberapa hari setelah pemeriksaan berlangsung. Selanjutnya, pihaknya dan BPJS akan menindaklanjuti hasil tersebut.

“Jika ada yang terindentifikasi terkena kanker, kami akan memberi arahan unrtuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan, untuk yang terbebas akan kami beri arahan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear tahun depan,”pungkasnya.

Karena kanker mulut rahim adalah salah satu penyebab kematian yang tertinggi, maka pemeriksaan Pap Smear harus dilakukan minimal satu tahun sekali. Pap Smear dapat dilakukan oleh dokter kandungan, bidan terlatik yang ada di rumah sakit atau pun di puskesmas.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Lebih lanjut, Ia pun mengaku bahwa pemeriksaan dengan metode skrining tersebut dapat mendeteksi 90% kanker leher rahim tahap awal yang masih bisa disembuhkan. Sehingga, tentu saja hal penting ini harus dilakukan oleh para wanita.

“Perempuan yang sudah pernah kontak hubungan seksual wajib melakukan Pap Smear agar kesehatan pada organ reproduksinya dapat diketahui,” tutupnya. (Mitha Try/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya