oleh

Koramil 05 Sawangan Kodim 0508 Depok Bentuk Karakter dan Mental Taruna SMKN 2 Depok

(Dok. Kodam Jaya)
(Dok. Kodam Jaya)

DEPOK – Pendidikan karakter merupakan upaya terencana untuk membantu orang memahami, peduli, dan bertindak atas nilai-nilai etika/moral melalui pembiasaan berpikir dan berbuat, membantu orang, dapat bekerjasama sebagai keluarga, teman, tetangga, masyarakat, dan bangsa, sehingga akhirnya menjadi ciri khas tiap individu.

Dikaitkan dengan dunia pendidikan, karakter siswa yang baik dapat menunjukkan seorang pelajar berpendidikan, dan hal ini menjadi tugas utama sekolah sebagai tempat pendidikan, bahkan merupakan gunungan PR yang harus diselesaikan.

BACA JUGA:  Lakukan Kegiatan Positif Agar Tak Gampang Stres

Menyadari pentingnya peran tersebut, SMK Negeri 2 Depok bekerja sama dengan Koramil 05/Sawangan telah menggelar kegiatan pembentukan karakter dan mental bagi 520 siswa/i baru yang sudah berlangsung selama seminggu dan ditutup oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Tatang Komarudin S.Pd, M.M, di Depok, Jumat (29/7/16).

Oleh anggota Koramil 05/Sawangan Kodim 0508/Depok, para Taruna (sebutan siswa/i) telah dibekali materi pembentukan karakter dan mental seperti pembentukan sikap, pengetahuan baris-berbaris, tata upacara sekolah, wawasan kebangsaan, bela negara, ketahanan sekolah, sedikit pengetahuan bela diri militer dan teamwork building.

BACA JUGA:  Patuhi Protokol Kesehatan, Idris-Imam Daftar KPU Tanpa Libatkan Massa

Atas terselenggaranya kegitan ini, Tatang Komarudin, mengucapkan terimakasih kepada Danramil yang telah menerjunkan 10 orang anggotanya mulai pukul 07:00 hingga 15:00 Wib selama seminggu melatih para Taruna. Tatang juga menambahkan kegiatan rutin tahunan tersebut sudah terbukti berhasil menjadikan para Taruna memiliki sikap dan mental yang baik.

Sementara Danramil 05/Sawangan Kapten Infanteri Ibrahim yang saat penutupan menyerahkan Bendera Taruna kepada Kepala Sekolah, berharap agar para Taruna dapat mengaplikasikan semua materi yang diberikan sehingga bermanfaat, dapat menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki jiwa nasionalis yang tinggi.

Komentar

Berita lainnya