oleh

Ini Klarifikasi Kemenkes Soal 13 Korban Meninggal Saat Macet di Brebes

Ilustrasi kemacetan di pintu tol Brebes Timur. (istimewa)
Ilustrasi kemacetan di pintu tol Brebes Timur. (istimewa)

JAKARTA – Berdasarkan laporan yang diterima dari Dinas Kesehatan Daerah, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Oscar Primadi mengklarifikasi bahwa angka korban meninggal 13 orang di kemacetan Brebes terjadi dalam tiga hari sejak Minggu (3/7/2016) hingga Selasa (5/7/2016) di berbagai tempat dan dengan berbagai faktor risiko.

Dengan kata lain, kejadian tersebut tidak terjadi dalam satu hari dan satu tempat yang sama seperti yang banyak diperbincangkan belakangan ini.

BACA JUGA:  Peningkatan Sektor UMKM Lokal dengan Sistem E-Commerce

Sementara itu, Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Achmad Yurianto menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Salah satunya kelelahan dan kekurangan cairan yang berdampak fatal, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua, serta pemudik dengan penyakit kronis (hipertensi, diabetes, jantung).

“Ditambah lagi kondisi kabin kendaraan yang relatif sempit serta tertutup. Pemakaian AC terus menerus akan menurunkan oksigen serta naiknya CO2,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima depokpos.com, Rabu (6/7/2016).

Komentar

Berita lainnya