oleh

Contek Beberapa Ide Sederhana Universitas Terhijau Dunia untuk Rumah Anda

9477932576_bdc7a38e77_o.jpg

Tren bangunan hijau semakin dikenal dan diaplikasikan orang banyak di Indonesia. Hal itu diperkuat fakta bahwa sekitar 46% masyarakat bahkan sudah menyadari pentingnya bangunan hijau dan ramah lingkungan. Namun, pada kenyataan yang ada, konsep bangunan hijau saat ini masih lebih banyak digunakan di bangunan besar dan tinggi ataupun gedung publik lainnya.

Padahal jika diterapkan di setiap pemukiman warga, kehidupan yang ramah lingkungan akan lebih cepat terwujud. Sebenarnya Anda juga bisa menyontek beberapa ide bangunan hijau yang sudah diterapkan di gedung-gedung karya arsitek, misalnya beberapa ide sederhana dari bangunan universitas terhijau di dunia.

Eindhoven University of Technology

Tahun 2015 lalu, universitas yang berada di Belanda ini menduduki peringkat ke 26 pada ranking universitas terhijau di dunia. Di Eindhoven Unversity of Technology, mereka selalu memisahkan sampah berdasarkan kategorinya. Misalnya sampah yang plastik dipisah dengan sampah sayuran serta sisa bahan makanan. Nah, ide ini merupakan ide sederhana yang juga dapat diterapkan di rumah Anda, bukan?

Universitas Indonesia

Jika Anda pernah mengunjungi kampus ini, pasti akan akan merasa betah karena banyaknya pepohonan yang tumbuh menghasilkan udara yang lebih sejuk dan lebih bersih. Ya, benar, Anda bisa menyontek ide untuk menanam banyak pohon di rumah dari universitas terhijau peringkat 33 tahun 2015 ini agar terasa lebih sejuk sehingga penggunaan pendingin ruangan bisa diminimalisir.

Dublin City University

Di laman resminya, Dublin City University yang berada di posisi 58 universitas terhijau dunia 2015 memaparkan bahwa dalam mewujudkan kampus yang hijau dan ramah lingkungan, mereka selalu menyadarkan semua orang yang ada di situ akan pentingnya sustainability. Salah satu ide sederhana yang dapat ditiru untuk penerapan di rumah adalah pengurangan konsumsi air. Misalnya, dengan cara mematikan kran air jika tidak dipakai. Mudah bukan?

Komentar

Berita lainnya